Sunday, May 3, 2015

[Seminar Kesehatan] Tatalaksana Penyakit Lambung

Semenjak saya lulus sampai sekarang, saya belum pernah mengikuti seminar-seminar yang diselenggarakan oleh IDI. Tapi, karena saya harus memenuhi requirement SKP saya, dan saya hanya punya waktu kurang dari setahun, maka seminar IDI ini sepertinya akan rutin saya hadiri, insya Allah.

Ini sebenarnya peraturan baru dari PDGI. Diberlakukan mulai tahun 2014 kemarin, untuk perpanjangan STR. Buat sejawat yang membutuhkan, ada ilustrasi pengumpulan SKP disini.

@ Hermina Depok.

Penjelasan dari kepala security. Hehehe... Ini hal yang ingin saya catat saja. Nggak semua RS seperti ini. Terakhir saya dijelaskan masalah evakuasi saat terjadi bencana, adalah saat kuliah perdana di RS Sardjito Yogyakarta. Manajemen yang baik, insya Allah. Ke depan, pasti hal seperti ini menjadi standar prosedur.  

Anggota PDGI yang tedampar di seminar IDI. Dentists @KlinikTaradita48

Ternyata, peraturan baru ini membawa berkah. Alhamdulillah. Tentu saja kami jadi punya alasan untuk mendapat ilmu baru seputar perkembangan di dunia medis secara keseluruhan. Nggak melulu masalah gigi. Hehehe...

Tempo hari, temanya adalah Prosedur Diagnostik dan Penanganan Komprehensif Terkini Pada Penyakit Saluran Cerna dari Sudut Pandang Bedah, Penyakit Dalam dan Gizi

Pembicaranya adalah Dr. M. Yamin, Sp.PD (K-GEH), Dr. Adrian Ginting, Sp.B (K-BD), dan Dr. Nur'ashiah, Sp.GK.

Wah, saya pikir, ini "saya" banget. Bukan saja melihat dari kacamata dokter, tapi saya pun pasien penderita gastritis. Nah dr. Yamin dan dr. Ginting berbicara dengan bahasa kedokteran yang mungkin bukan kompetensi saya untuk menuliskannya kembali disini.

Secara garis besar kedua dokter di atas menjelaskan penerapan prosedur diagnostik yang disesuaikan dengan derajat keparahan sakit pasien. 

Penjelasan yang lebih bisa diterima masyarakat umum adalah dari Dr. Nur'ashiah, spesialis gizi klinik. Beliau memberi penjelasan tentang edukasi pasien mengenai diet yang tepat untuk lambung. 

Brosur dari Depkes

Penjelasannya cukup lengkap. Makanan apa yang disarankan, makanan mana perlu dibatasi dan mana yang perlu dihindari. 

Depkes punya brosurnya, yang bisa di download oleh siapa saja. Dr. Nur'ashiah menyarankan para dokter mendownload brosur ini dan memberikannya ke pasien. 

Dan walaupun saya bukan dokter umum, saya akan meneruskan informasinya. Jika ada sahabat yang membutuhkan, bisa download pdf nya disini: Diet Lambung

Salam sehat selalu untuk sahabat semua. :-)


15 comments:

  1. Selamat menimba ilmu ya Jeng Tia. Dapat manfaat langsung plus memenuhi persyaratan SKP.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok mbah PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Delete
  2. beberapa kali dapat undangan, juga saya baru sekali mengalami acara diawali dengan penjelasan dari security. Waktu itu di Doubletree by hilton hotel. Emang bagus, sih, Jadi kalau ada apa-apa kan kita bisa sigap.

    Menjaga kesehatan lambung itu memang penting banget ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kesigapan menghadapi bencana itu penting :D

      Penting jg menjaga kesehatan lambung.. :D

      Thanks mbak

      Delete
  3. pingin download ah pingin lebih mengenal tentang diet lambung ini

    ReplyDelete
  4. hai mbak^^ kunjungan balik nih..

    Saya sudah unduh dan baca-baca brosurnya,salah 1 syaratnya diberikan dalam porsi kecil tapi sering, sayangnya saya nyuri-nyuri waktu buat makannya susah.. Ruangan saya tepat didepan ruangan bos :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa cemilan ajah kali mbak hihi...
      Semoga terhindar ya dari sakit lambung, aamiin :)

      Delete
  5. Mak Tia.....jadi tambah wawasan ni....ada diet lambung juga ternyata yaa....soal2 beginian aku gak mudeng.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada diet utk lambung.. semoga sehat selalu ya mbak Lies :)

      Delete
  6. Heheee aku perlu banget ini. Lambungku sudah lumayan nggak baik, beberapa kali masuk UGD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups... mudah2an ke depan membaik dan gak sakit lg yah mak Lusi :)

      Delete
  7. hari ini lagi bermasalah lambung kayaknya nih bun...baru tau ada diet lambung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks... semoga ke depan jgn bermasalah lg yah mbak... salam sehat selalu mbak fitri :)

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)