Monday, May 11, 2015

Kue Putu...

Setelah menulis posting traditional games day di blog Vania, saya jadi ingin menulis kenangan saya tentang salah satu kue tradisional kesukaan saya. Kue putu!

Sekarang, tukang jualan kue putu ini sudah semakin jarang. Tapi kami selalu tau jika ada abang penjual kue putu, dikarenakan bunyi yang dihasilkan dari mesin uap kue putu yang khas sekali seperti bunyi peluit. 

Setiap kami berkesempatan bertemu dengan penjual kue putu dimanapun kami lewat, kami pasti beli. Dan, setiap kali kami beli, Papa dan Mama pasti akan bercerita cerita yang sama. Berulang-ulang. 

Jamannya Tia kecil, sekecil Vania. Setiap ada bunyi "tuittt" khas kue putu, pasti si Tia minta beli. Kalau nggak dibeliin nangis. Padahal belum tentu dimakan, paling hanya dimakan separuh saja. Tapi setiap hari beli. Karena dulu si abang kue putu sudah hapal, kalau saya nggak beli kue putu pasti nangis, si abang pasti bunyiin peluitnya keras-keras di depan rumah. Hahaha... Akhirnya Mama dan Papa hanya membeli dua buah saja setiap hari. 

Entah ya, faktor apa yang membuat saya selalu minta beli kue putu, padahal dimakannya juga cuma sedikit. Tapi yang jelas, sampai sekarang saya suka rasa kue putu dengan aroma pandannya yang khas dan rasa manis gula jawa yang... yummyy banget... 


Jaman dulu, si abang berjualan dengan dipikul, sekarang pakai gerobak. 

Gerobak kue putu ini kebetulan lewat di depan rumah adik saya tempo hari. 

Dengan cara masak seperti ini, saya bertanya-tanya apakah mungkin membuat sendiri di rumah. Tapi saya tadi coba googling dan ternyata banyak caranya. Hmm, mungkin kapan-kapan bisa dicoba salah satunya.. :-D

Tentu saja kalau makan kue putu buatan sendiri tidak ada bunyi khas yang membawa kenangan masa kecil bagi saya. :-D


Adik-adik saya nggak terlalu ngefans sepertinya dengan kue putu. Vania pun tidak. Akhirnya yang makan hanya saya, Papa dan Mama. Kenyaaangnyaa... Ini karena kue putu terbuat dari tepung beras, sehingga efeknya sama dengan makan nasi ya.. Hehehe..

Jadi, apa kue tradisional favoritmu, teman..?

25 comments:

  1. Aku juga suka putu mbk...apalagi makannya pas masih anget..heummmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti miss Hanna bikin yah terus caranya diposting di Hot Wajan.. hihihi... ^_^

      Delete
  2. Udah lama gak makan lagi kue putu. Jadi inget semasa kecil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cemilan masa kecil juga ya mbak Dewi :)

      Delete
  3. ini cemilan favorit ibuku mbak, awalnya ga suka tapi saat icip icip malah ketagihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. gurih manis rasanya ya mbak Rina... hehehe...

      Delete
  4. samaan ini camilan favorit..masih suka ada abang yang lewat tp sudah pakai gerobak, bunyinya masih khas seperti itu...kalau raffa bilangnya kue nangis....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa... Raffa adaaa aja istilahnya...
      biar nggak nangis mungkin kuenya minta dibeliin kali, ya Raffa.. hehehe...

      Delete
  5. Aku juga doyan tapi gak pernah boleh beli. Soalnya pernah beli sekali ternyata yg jualan jorok, kapok

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh serem juga kalau yang jualan jorok yah mbak Enny... (-___-)"

      Delete
  6. Deket rumahku ada penjual putu yg dari aku keciiil banget sampe segede ini masih eksis Mak. Murah, enak, dan mengenyangkan ^_^

    ReplyDelete
  7. Aku suka klepoooooooooonnn..
    Aku juga kalo jajanan favorit selalu lebih suka beli. Entah kenapa kalo bikin rasanya beda aja, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kemarin juga sekalian pesen klepon kok Del...
      well, basically i like everything...
      wkwkwk... =))

      Delete
  8. udah lama ga makan putu ,, kebayang rasanyaaa ,, mauuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah mulai jarang yah mbak Nabil... ^_^
      semoga bisa kesampaian makan putunya :-D

      Delete
  9. Nostalgia ya, Mbak. :D
    Btw, saya suka bgtt pas dapat gula yg melelh di dalam putu. Manisnya anjlem.

    Saya suka rangin, Mbak. Sudah jarang juga skrg. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Idah, rangin sama jarangnya sama putu...
      kalau yang suka rangin adikku malah Idah.. hehehe...

      Delete
  10. Pascal suka banget putu loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang kue putu masih sering lewat di Bekasi yah mbak Lidya :-D

      Delete
  11. kue putu enak mbak,tapi udah lama gak ngerasain putu :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Nindi, karena mulai jarang ya.... :-)

      Delete
  12. samaan ini camilan favorit..masih suka ada abang yang lewat tp sudah pakai gerobak, bunyinya masih khas seperti itu. kalau lewat anak saya pasti bilang, beli lagi yoooo

    salam sukses
    Amoorea Sabun

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)