Sunday, April 5, 2015

Jalan-jalan Pagi di Taman Budaya Tionghoa

Hari Jum'at kemarin bertepatan dengan tanggal merah, kami manfaatkan waktu pagi-pagi untuk sekedar browsing lokasi-lokasi di TMII. Ternyata Taman Mini Indonesia Indah di pagi hari pun sudah cukup padat. Pengunjung datang dari mana-mana seluruh Indonesia. Beruntungnya kami, tinggal di dekat TMII. Jarak tempuh dari rumah ke TMII, jika tidak macet, hanya sekitar 10 menit perjalanan. 


Cuaca agak mendung, niat awal untuk sekalian berjemur gagal. Tapi tak mengapa. Kebetulan kami belum pernah ke Taman Budaya Tionghoa. Jadi, kesanalah kami menuju. Taman ini indah sekali. Kami hanya berempat kemari, karena Oma Vania sedang ada urusan dengan tukang  bangunan. Pastinya, taman ini jadi salah satu yang akan kami kunjungi lagi dengan formasi lengkap, insya Allah. 


Taman ini banyak menyajikan prasasti yang menunjukkan perjuangan kaum Tionghoa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kaum Tionghoa juga pahlawan nasional Indonesia. Keindahan taman bertambah dengan bunga-bunga aneka warna dan aneka ornamen khas Tionghoa yang berwarna cerah. 

Selebihnya, saya hanya ingin menyajikan foto-foto ini di posting ini... ^_^ 



Taman yang lapang. Banyak orang memanfaatkan tempat ini untuk berolahraga. 





Monumen Garuda Pancasila


Hasil foto Vania.



Pemandangan indah dari salah satu pendopo.

...

Satu pemandangan yang menyedihkan di antara keindahan taman. Secara keseluruhan, taman ini bersih dan para petugas menjaga kebersihan dengan baik. Tapi ada satu spot yang disana bertumpuk sampah-sampah. Apa mungkin belum sempat diangkut sampahnya?! Ah.. Angsa yang malang! Buat kita semua... Tolonglah, buanglah sampah pada tempatnya!

Sementara, di sudut taman yang lain...
Ada dua museum menunggu untuk dijelajahi...

Museum Cheng Ho

Di dalam Museum Cheng Ho


Museum Hakka Indonesia yang dalamnya luas sekali.

Hari Jum'at pagi itu kami tak memiliki waktu banyak. Opa yang mengantar kami harus segera bersiap untuk sholat Jum'at. Kami belum sempat membaca-baca dan melihat-lihat di dalam Museum Cheng Ho dan Museum Hakka. Lain waktu harus sediakan waktu lebih banyak kalau kesini. :-D

Masuk ke taman dan ke kedua museum ini gratis. Ada kotak donasi di Museum Hakka. Museum sudah buka jam 9 pagi. Ohya, untuk Museum Hakka lebih baik tidak kesini terlalu sore karena museum ini tutup jam 4 sore.

Selamat berakhir pekan, teman-teman... ^_^


26 comments:

  1. wah Tya.., aku kok belum pernah dengar taman ini ya..., sebelah mana sih..?
    perasaan udah berkali2 ke TMII kok nggak nyadar,
    kita kopdar di sini aja yuk.., he..he.., serius kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem Mbak Monda ternyata seputaran TMII, menarik sekali...
      Ikut ngantri kopdaran dengan Jeng Tya dan Mbak Monda di sini ah...
      Salam untuk Vania, kepekaan saat ambil gambar terasa sekali

      Delete
    2. Mbak Monda keduluan saya nih, saya malah udah pernah kesini, hehehe.
      Tapi tidak sempat masuk ke dalam.
      Ikut atuh lah kalau mau kopdar di sana .. :D

      Delete
    3. @Bunda Monda... hayuk Bun... ntar japri yakk... hihihi... insya Allah :)

      Delete
    4. @ bu Prih.... iyaaa aku jg ingin ketemu sama bu Prih.... ^_^

      Delete
    5. bu Dey... yg orang Lembang malah udah duluan yah.. hihihi... hayuk atuh, bikin kopdar di TMII... :D

      Delete
  2. Baguus tempatnya. Jadi pengen kesana..
    Selamat berakhir pekan :D

    ReplyDelete
  3. di taman mini banyak yang bisa di kunjungi ya bun, sehari gak cukup deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa keliling TMII mah butuh berhari2 mbak Lidyaa... satu tmpt aja bisa seharian.. hehehe

      Delete
  4. Aku belum pernah ke TMII hahaha... jadi penasaran pengen kesana.
    Semoga suatu saat bisa ajak shasa kesana. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ke TMII kabar2in yah mbak Reni... siapa tau bisa ketemuan :-D

      Delete
  5. uwaa,bagus banget museumnya ya mbak..sepi juga jadi bisa leluasa

    ReplyDelete
  6. Bersih ya mbaa, padahal biasanya yang sepi itu jadi cenderung kotor hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. petugas kebersihannya rajin2 deh Noph...

      Delete
  7. Tiaaa...ternyata Vania udah jago motret ya!
    Ikut seneng lihat kebersamaan ini, kapan-kapan kalo Oma-nya Vania bisa ikut, formasinya jadi makin lengkap deh...hehe, saya belum pernah kesana, padahal kayaknya tempat ini juga deket banget dari rumah adik saya di Jatiwarna...thanks informasinya, Tia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak Irma...
      kapan2 main kesini, mbak... ^_^

      Delete
  8. Kapan ya saya bisa jalan-jalan ketempat itu? Kayaknya indah banget pemandangannya ...

    ReplyDelete
  9. sekilas spt berada di Tiongkok...

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)