Tuesday, April 21, 2015

[Book Review] Dari Blog Menjadi Buku


Judul buku: Dari Blog Menjadi Buku
Penulis: Abdul Cholik
Penerbit: Sixmidad
Tahun terbit: 2015
Halaman: viii + 107
ISBN: 978-602-0997-09-4

Alhamdulillah di bulan April ini saya mendapat rezeki tak terduga dari Pakde Abdul Cholik. Yap! Sebuah buku tentang menulis, yang mengingatkan saya kembali ke tujuan awal saya membuat blog.

Saya ingin mengutip tulisan Pakde di back cover:
"Saya tahu bahwa Anda sedang menyiapkan penggalan-penggalan sejarah hidup Anda dalam sebuah karya monumental untuk anak cucu. Tetapi bagaimana jika hanya dalam hitungan detik ribuan artikel di blog mendadak lenyap...."

Jujur saja, saya juga dihantui ketakutan macam itu. 

Saya menulis di blog memang untuk kenangan. Catatan kehidupan saya sehingga saya ke depan bisa berusaha untuk menjadi manusia yang lebih baik, dengan belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah saya lakukan. Sebenarnya, ini untuk diri saya sendiri, dan kenangan untuk anak cucu saya nanti (insya Allah). Saya senang jika memang ada di antara tulisan saya yang juga bermanfaat buat orang lain.

Selama ini saya hanya membuat backup di word. Tapi saya belum pernah berpikir untuk membukukannya!

Selain saya belum memiliki pengetahuan untuk itu, saya juga tidak percaya diri! Hehehe... Kalau bisa saya buat analogi...

Berkunjung ke blog sahabat (dan sahabat berkunjung ke blog saya), itu seperti... teman yang bersilaturahmi ke rumah temannya... bertamu... atau sekedar main-main... dengan berbagai topik yang menjadi bahan perbincangan...

Tapi kalau buku, itu seperti nara sumber berbicara di podium, di depan orang banyak, dan isi pembicaraannya memang pantas untuk disimak...

Wah, saya nggak pede, blas...

Lain dengan Pakde, yang memang tulisan-tulisannya banyak yang mengandung hikmah dan memberi inspirasi buat banyak orang. :-)

Saya memang pernah punya mimpi untuk membuat buku. Tapi itu buku cerita fiksi untuk anak-anak. J.K. Rowling dan Astrid Lindgren pernah menjadi sosok yang sangat menginspirasi buat saya. 

Tapi dengan membaca buku Pakde yang satu ini. Saya jadi berpikiran, bisa saja kejadian-kejadian yang saya alami sehari-hari yang sudah tertuang di blog ini, menjadi ide di buku cerita anak-anak nanti. 

Yah... ini masih sebatas mimpi...

Selain buku panduan berhaji kemarin, buku ini pun nggak kalah pentingnya buat saya. Di buku ini, Pakde menjelaskan secara rinci bagaimana cara membukukan blog kita. Penyiapan naskah buku dijelaskan mulai dari proses pemilihan artikel, gaya penyajian, sampai sedetail font. Mulai dari serba-serbi penulisan naskah sampai ke proses pengiriman naskah buku ke penerbit.

Rinci, jelas, singkat dan mudah dimengerti.

Walaupun bukan tulisan dari blog sekalipun, panduan menerbitkan buku di dalam buku ini cukup lengkap. Saya merekomendasikan buku ini untuk teman-teman blogger. Apalagi teman-teman yang ingin menerbitkan buku. ^_^

Seperti yang Pakde bilang, semua kembali ke niat.

Jangan semata mencari keuntungan, tapi carilah sesuatu yang lebih mulia.

Yap! Bener banget Pakde!

Buat saya pribadi, tinggal menghilangkan ke-tidak-pede-an ini.. :-D

Terima kasih Pakde, untuk buku yang sangat bermanfaat ini! :-D


Dan, tentu saja...

Tanpa perjuangan pahlawan kita R.A. Kartini, mungkin sekarang masih banyak perempuan Indonesia yang belum mampu baca tulis... Apalagi, menulis buku...

Terima kasih pahlawanku, R.A. Kartini.
Selamat Hari Kartini
untuk semua sahabatku... ^_^

18 comments:

  1. Wah, ditunggu bukunya, Tia...mumpung lagi Hari Kartini, jadi momen ini pas banget buat membulatkan tekad agar lebih percaya diri buat menulis buku.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehhee.. aamiin... makasih mbak Irma...

      Sebelum nulis buku, nulis tesis dlu sampe selesai nih mbak.. aahaha.. #galauers..

      Delete
  2. benar2 buku yg bermanfaat ya mak...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih reviewnya yang jujur dan ciamik.
    Yuk kita dobrak ketidak-pedean, keragu-raguan, takut ditertawakan, takut diledek teman, takut tidak diterima penerbit, dan ketakutan-ketakutan lainnya.
    Jangan terlambat menulis buku seperti saya loch ya, sudah tua baru menerbitkan buku.
    Bukukan kisah Vania agar kelak menjadi kenangan indah baginya.
    Bukukan bagaimana cara memelihara dan menjaga gigi agar awet.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... semoga insya Allah...

      Hehehe.. makasih Pakde.. :D

      Delete
  4. Aku juga pengen bikin buku mbak. Kalo dari blog.. Bingung. Sudah ada 400-an artikel. Salut dgn pakde yg sudah ribuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Susi jg kreatif bgt nihh... kalo bikin buku art and craft kayak martha stewart keren mbak.. :D

      Delete
  5. ketidak pedean yang membuat kita (aku) belum berani membuat buku. Pakde keren deh

    ReplyDelete
  6. semoga, dalam waktu dekat ini ketidak-PeDe-an Bunda Vania ini segera tersingkir dan terbitlah buku dr blog menjadi buku yg ciamikkkk *spt kata pakdhe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihii... mbak Ririe dlu kali yg bikin buku nih kayaknya.. cerita2 nya keren mbak... :D

      Delete
  7. buku buku pakdhe memang keren yah....

    ReplyDelete
  8. Ayo mba, semangattt!!
    Saya dukung catatan2 di blognya jadi buku ^_^

    ReplyDelete
  9. iya saya setuju, setiap catatan2 yang kita buat dijadikan buku sebagai kenangan untuk anak cucu :)

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)