Monday, January 26, 2015

Gaya Kepemimpinan & Parenting

Salah satu yang saya sukai dari belajar manajemen adalah, ilmu itu bisa diaplikasikan di mana saja, siapapun kita... Mulai dari sebagai seorang pemimpin di tempat kerja, sebagai orangtua, sampai sebagai individu...

Kami baru mempelajari (dan sudah di-ujian-kan), salah satunya, mengenai leadership...

Ada 6 gaya kepemimpinan, menurut Goleman:

1. Authoritative atau Visionary
Pemimpin yang authoritative memiliki visi, akan dibawa kemana organisasi yang dipimpinnya. Dia mengarahkan orang-orang yang dipimpinnya untuk mencapai visinya. Namun kelemahannya adalah, pemimpin tipe ini tidak membimbing pengikutnya bagaimana caranya untuk mencapai visinya tersebut, membiarkan mereka berinovasi sendiri.

2. Coercive atau Commanding
Pemimpin yang coercive memiliki gaya kepemimpinan seperti seorang diktator. Pemimpin tipe ini hanya ingin pengikutnya melaksanakan apa yang diperintahkannya. Kelemahannya, tentu saja, pengikutnya akan merasa tidak dihargai dan bahkan mungkin bisa merasa tertekan.

3.  Affiliative
Pemimpin yang affiliative adalah pemimpin yang fokus kepada hubungan emosional yang baik. Baik antara pemimpin dan pengikut, maupun antar para pengikut. Pemimpin tipe ini menyukai keadaan yang harmonis yang tercipta di dalam organisasi.

4. Democratic
Pemimpin yang demokratis adalah pemimpin yang banyak mendengar masukan dari orang lain. Sayangnya pemimpin tipe ini kerap tidak melakukan tindakan apapun.

5. Pacesetting
Pemimpin yang pacesetting menuntut pengikutnya untuk menunjukkan kinerja yang tinggi. Seharusnya, gaya kepemimpinan seperti ini cocok diterapkan kepada pengikut yang sudah memiliki kompetensi tinggi.

6. Coaching
Pemimpin yang coaching membimbing pengikutnya. Pemimpin tipe ini menemukan kelebihan dan kekurangan dari pengikutnya, kemudian membimbingnya untuk mengembangkan kemampuan mereka. 

I like this quote..!

Pemimpin yang bijak tentu saja mampu mengkombinasikan gaya kepemimpinannya sesuai situasi dan keadaan orang yang dimpimpinnya.


"... Setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya." (HR. Bukhari) 

Setiap kita adalah pemimpin, setidaknya untuk dirinya sendiri...
Dan pastinya, tugas menjadi orangtua pun merupakan suatu tugas seorang pemimpin.

Kadang saya bercermin untuk diri sendiri.. Pemimpin seperti apakah saya?
Saya pikir saya adalah pemimpin yang coaching, affiliative dan democratic...

Tentu saja ketiga gaya kepemimpinan itu kurang dalam hal ketegasan dan visi...
Setidaknya hal itu yang harus saya perbaiki dari diri saya sendiri...

Hmmm... Pemimpin seperti apakah dirimu, sobat? :-D

Have a great monday ;-)

9 comments:

  1. Hmmm, saya tipe pemimpin yang mana ya ..

    ReplyDelete
  2. keknya aku pernah belajar, tapi sudah 10 tahun lebih deech, 2002-2015, Subhanalloh, aku lulus kuliah dah lama y

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.... mbak astin opo yah jurusannya?
      aku kayaknya mesti belajar banyak nih dari mbak astin ^_^

      Delete
  3. saya gak tau, memiliki kepemimpinan apa ya saya ini? :)

    ReplyDelete
  4. inspiratif, tapi idealnya jadi pemimpin seperti apa ya dikeluarga?

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)