Tuesday, July 8, 2014

Ide Bermain Dari Buku

Liburan anak... ^_^

Waktu yang menyenangkan untuk merencanakan aneka kegiatan bermain sambil belajar.. Suatu hari saya menemukan sebuah blog yang sangat inspiratif.. Dari sanalah saya mengetahui bahwa aneka buku cerita anak itu bisa menjadi sumber ide untuk bermain... ^_^

Beberapa buku di bawah ini sangat membantu saya untuk mendapatkan ide bermain dengan Vania..


Seri Sopan Santun BIP berjudul Bersenang-senang di Taman ini menceritakan tentang aneka kegiatan bermain anak dari sudut pandang beberapa anak. Dari segi edukasi, anak-anak diajarkan cara menjaga sopan santun di tempat umum seperti taman, misalnya dengan belajar mengantri mainan dan membuang sampah di tempatnya..


Seri Erlangga For Kids berjudul Fergus di Taman menceritakan petualangan seekor anjing lucu di sebuah taman. Semuanya diceritakan dari sudut pandang si anjing.. :-D

Dan kegiatan-kegiatan inilah yang sering Vania mainkan di taman...

Main balon sabun yuk.. ^_^

Lempar frisbee! Cara seru untuk melatih ketangkasan anak.. :-D

Di dekat rumah Vania baru setahun ini dibangun taman kota. Tamannya indah dan bersih. Namanya Taman Bambu. Semoga tetap terjaga kebersihan Taman Bambu ini ya..

Karena mirip piknik, maka Vania membawa bekal buah pisang. Tidak lupa untuk membuang kulit pisangnya di tempat sampah organik yang sudah disediakan.. ^_^

Belajar juga untuk saling berbagi... ^_^

Tempo hari, saat kami jalan-jalan ke daerah Jakarta Selatan, kami juga menyempatkan mampir ke Taman Ayodya di Jalan Barito. Ada satu cerita yang tak akan saya lupa di tempat ini. Dahulu, sebelum menjadi Taman Ayodya, tempat ini adalah tempat berjualan ikan hias, buah-buahan dan aneka binatang peliharaan. Saat akan digusur, Papa menyempatkan untuk terakhir kali mampir kesini. 

Ceritanya, sebelum tempat ini penuh dengan para pedagang, tempat ini memang aslinya adalah sebuah taman kota. Papa saat kecil sering bermain di taman ini. Papa meminta ijin kepada salah seorang pedagang ikan hias yang baik hati untuk melihat ke dalam taman (yang tertutup kios pedagang di semua sisi), tapi salah seorang pedagang (yang sepertinya kepala mereka semua), datang marah-marah dan mengusir Papa. Dikira, Papa adalah pihak yang akan menggusur mereka.

Padahal, akhirnya toh mereka tergusur. Pada masa pemerintahan Gubernur Fauzi Bowo, akhirnya tempat ini dikembalikan ke fungsi awalnya sebagai taman kota.. ^_^

Indahnya taman ini...

Sejuk...

Banyak bunga kamboja berguguran.. Dan saya punya satu ide untuk Vania..

Membuat aneka perhiasan dari bunga.. ^_^

Saya ajak Vania membuat mahkota bunga seperti punya Zoe di buku ini... ^_^

Ini hasilnya.. :-D

Selain taman, ada satu tempat lagi yang bagi anak-anak membosankan.. Supermarket! (Ya setidaknya begitulah menurut pendapat Vania)... :-D

Berawal dari membaca buku aneka resep makanan sehat untuk anak yang berwarna warni alami ini, saya mengajak Vania dan Aira bermain di supermarket...

Buku ini berisi kumpulan resep sehat dengan mengkombinasikan makanan yang berwarna warni (sayur dan buah), setiap hari.. ^_^


Bukan sesuatu yang "wah"
Hanya berlomba mencari buah atau sayuran yang saya sebutkan...  :-D
Khusus Vania, saat ia sudah mendapatkan yang dicari, maka ia harus menyebutkan kandungan vitamin dan manfaatnya bagi tubuh... (secara garis besar saja sih, heheheee)... 

Karena saya heboh, mereka pun ikut heboh..

Bermain itu bisa dimana saja, bukan..? :-D

Bagaimana dengan agenda liburan teman-teman Vania disini..?
Permainan apa yang biasa dimainkan di taman, atau pada saat piknik...?

Hmm... Atau pernahkah sahabat mendapat ide tentang apapun yang didapat dari buku?

Please feel free to share... 

Have a nice tuesday... ^_^

22 comments:

  1. uwaa seru banget ya mbk,sederhana tapi menynangkn dan kaya manfaat..itu vania cantik bgttttt yg kalungan bunga^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iyah miss Hanna...
      pasti waktu masih bertugas sebagai guru miss Hanna punya banyak ide bermain yaa... ^_^

      Delete
  2. asyik ya ada taman kota yang deket dengan rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa alhamdulillah, vania seneng ada tmpt main.. :-D

      Delete
  3. Senangnya merasakan kualitas bermain bersama outside dengan dedek Vania yang imut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermain dengan anak itu sangat menyenangkan ya mbak :)

      Delete
  4. Ahhhh sukaaa, ada supermarketnya pula.... tahu sendiri kan mbak disini sayur ituuu langka dan mahal hihihi, alhamdulillah sudah ada sekelas hyper setidaknya bisa menemukan brokoli disana :p

    Aku suka yang foto di semnagka ituuu hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. kita emang bersenang2 dmana sj Noph.. :-D

      Delete
  5. bermain sambil berbelanja sambil belajar... bisa dicoba ke adek-adek aku yg masih kecil-kecil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba mbak novita.. hehe.. tapi semoga tdk bikin puyeng para penjaga toko.. haha..

      Delete
  6. Seru mainan sayuran gitu, Mba. Tapi, apa gak disemprit pemilih supermaket nih. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada pemilik supermarket kita anteng dulu Ida.. hahaha..

      Delete
  7. di saat lokasi bermain untuk anak2 sudah sulit ditemukan..ide bermain ke taman, membaca buku dan jalan2 ke supermarket mengenal aneka buah dan sayur..layak dicontoh......ini salah satu solusi jitu bagi anak2 sekarang lebih banyak bermain dengan gadget....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak Hariyanto.. saya ingin membuat anak senang dimana saja ia berada.. semoga..
      :-)
      Salam..

      Delete
  8. Aiih... kereen, dari sebuah buku, bisa menghasilkan ide bermain yang menyenangkan utk anak :)

    ReplyDelete
  9. loh komen ilang...serunya dunia permainan anak, dengan kreativitas belajar gizi dan suka makan sayurpun dapat dikemas dalam permainan. Salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bu Prih.. dgn memilih sendiri, dilibatkan dalam meracik dan memasak sayur, anak jd suka makan sayur.. :-)

      Delete
  10. Wah ... rasanya senang ya mbak, anak anak bisa bermain di tempat yang masih ijo ijo begitu. Kembang kambojanya cantik sekali mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Ely..
      Iiya qta bersyukur sekali masih banyak pepohonan di sekitar tmpt tinggal.. :-)

      Delete
  11. Btw, memang harus nulis huruf verivikasi dulu ya mbak sebelum komen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ely :-(
      Utk mengurangi masuknya komentar spam...

      Mohon maaf yaa jd merepotkan pengunjung blog ini.. ^_^

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)