Thursday, May 29, 2014

Wajib Berusaha, Tidak Wajib Berhasil

Setahun ini saya semakin jarang menyambangi blog ini.. Agak menyesal, karena banyak kegiatan Vania beserta sekolahnya yang terlewat tanpa saya abadikan disini... ^_^

Akhirnya saya niatkan sajalah merekap setahun ini dalam satu posting... Untuk kenang-kenangan Vania kelak, mumpung masih fresh di ingatan saya.. :-D

Sebenarnya, saya pun ingin sahabat blogger disini sharing.. Apa sih tips-nya supaya acara manggung anak-anak ini berjalan lancar? Karena dari yang saya perhatikan, anak sering harus menunggu giliran naik panggung yang lamanya bisa berjam-jam. Lapar dan haus tentunya.. Belum lagi hilang mood saat jenuh melanda...

Duduk di lantai mall sambil memangku Vania yang sudah rapi berdandan adalah hal yang lumrah..

Buat saya pribadi, saya harus selalu siap sedia buku/ mainan yang mudah dibawa, cemilan, permen frozz (iyah!) dan minuman (biasanya teh manis botol yang jadi favorit Vania).. Dan tentu saja baju ganti... Buat saya, berkotor-kotor dengan asal duduk dimanapun itu menjadi hal biasa.. Karena Vania sering lelah berdiri, dan sering tidak dapat duduk.. 

Duduk di mall lumayan bersih, yang terkesan "ehm... agak-agak... gitu deh" bagi saya adalah saat saya harus memangku Vania di TMII dengan lantai yang becek karena alas-alas kaki pengunjung yang menerjang hujan gerimis..

Anyway, begitulah suka duka mengantar anak lomba... Saya (seperti juga orangtua yang lain) ada dan hadir disana, untuk memberi semangat selalu... 

Tapi, pernah sekali waktu Vania tidak saya antar, karena saya harus kuliah... Dan itu di awal tahun ajaran ini... Vania lomba lari estafet, ditemani Opa dan Oma.. Selebihnya, saya akhirnya lebih memilih "bolos" daripada kehilangan momen melihat Vania beraksi.. Hahaha..

Ini foto yang ambil Opa sebenarnya.. ^_^.. Lomba estafet di awal tahun (September 2013)..
 
Kalau yang ini adalah hanya acara pentas tari untuk rebranding sekolah Komimo menjadi Indonesia Playschool

Desember 2013 @ Cibubur Junction

Tim TK B membawakan tari Betawi

Terkadang Opa, Oma dan Eyang juga ingin ikut karena ingin melihat cucu kesayangan beraksi.. :-)

Acara lomba tari PGTKI di TMII, Januari 2014

Acara Sport Competition @ Taman Wiladatika Cibubur, Februari 2014

Rencana perform di outdoor, akhirnya mereka perform di bawah tenda karena hujan deras... :-)

Vania dan wali kelas TK B, kak Titi.. ^_^

Tim estafet putri @ Sport Competition Cibubur 2014. Pinky!

Dan ini acara Art Competition @ TangCity, Mei 2014

Tim Cerdas Cermat beraksi saat babak penyisihan.. Go Vania, Naira dan Rayyan.. ^_^  And they made it to the final!

Tim Paduan Suara @ Art Competition TangCity Mei 2014

Menari @ Art Competition TangCity Mei 2014

Babak Final Cerdas Cermat @ Art Competition TangCity Mei 2014. Kelompok Cilangkap! :-D

Aaah... Vania dan kedua temannya tau jawabannya namun kalah cepat.. Alhamdulillah mereka mendapat juara II.

Last, lomba PGTKI di TMII.. Vania lomba mewarnai...

Ada cerita yang kurang menyenangkan saat lomba terakhir Vania di Keong Mas TMII itu... Yap! Bundanya lupa bawa meja papan kayu! Itu loh, meja portable yang buat dibawa-bawa.. Padahal malamnya kak Titi sudah bbm ke saya! Betapaaa... saya merasa bersalah terhadap Vania... 

Saya menunggu di luar sambil harap-harap cemas.. Akankah Vania ngambek dan minta pulang?

Syukurlah akhirnya kak Titi mengabari saya bahwa Vania akan baik-baik saja...

Sementara peserta mewarnai lainnya (anak-anak TK se-kecamatan Cipayung) membawa meja masing-masing, Vania dengan lapang dada bersedia menggunakan kursi di ruang tunggu Keong Mas untuk tatakannya menggambar.. Semua karena kesalahan Bunda.. Maafkan Bunda ya Nak...

A photo by Paman Pedorin.. Thank you Paped!

Sejam berlalu dan akhirnya Vania selesai juga mewarnainya.. Fuih! Saya belikan ia boneka (semacam) barbie yang banyak dijual di pelataran Keong Mas saat lomba-lomba seperti ini... Pulang, dan sore harinya kak Titi mengabarkan Vania mendapat Juara Harapan II. Alhamdulillah!

Dan inilah yang Vania kumpulkan selama di TK.. TKA dan TKB..

Kalau Vania harap-harap cemas menanti hasil lomba, saya selalu membesarkan hatinya, "yang penting Vania sudah memberikan yang terbaik.."

Seperti pepatah bijak, yang sampai saat ini selalu diingatkan kepada saya oleh Papa saya.. Agar selalu diri ini tak lelah berusaha, pun tidak patah semangat saat gagal...

"Manusia wajib berusaha tapi tidak wajib berhasil.. Serahkan dan pasrahkan hasilnya kepada 
Allah SWT"

18 comments:

  1. tipsnya kalau menurut pengalaman yang sudah dijalani ya bun :)
    waktu TK kalau acara pensi smeua di handle guru, pagi2 anak diserahkan pada guru lalu orang tua santai aja nonton di bangku penonton. Anak-anak melakukan kegiatan di belakang panggung dengan ceria tidak ada yang merengek. Anak boleh diambil orang tua ketika acara sudah berakhir. Anak semua pentas ,orang tua bisa menonton pementasan sampai akhir.

    Nah waktu SD beda ,semua diururs orang tua, anak-anak ada yang gak sabar menunggu dll. Jadinya setiap anak sudah pentas lansgung dibawa pulang. ada plus minus nya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah masing2 metode ada kelebihan dan kekurangannya masing2 yah mbak.. kalau sekolahnya vania biasanya bersyukur kalau para orangtua bantu dandani anak2... karena memang guru2nya sibuk... (atau kekurangan SDM kali yah, hahaha..)

      Delete
  2. hebat ya Vania... semangat terus ya... :)

    ReplyDelete
  3. Vania heubat, biar meja papan kayunya tertinggal tetap berusaha dan jadi juara ya....

    aktif sekali skulnya ya Bun...kadang lomba mmg gak bs diprediksianak2 menunggu lama atau tidak untuk tampil, kalau utk lomba2 hardiknas yg biasanya du TMII sie biasanya kalau bu guru daftarnya cepat tampilnya juga cepat bun..dan mgkn anak2 jgn sampai perutnya kosong dan kepanasan bgt he he he he.., biasanya mereka kalau berkumpul sama2 sabar - sabar kok Bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mbak bener... kudu siap sedia supaya gak lapar haus dan bosan hehehe...

      Delete
  4. sukaaa sama foto yang pertama, salut deh sama Vania, berani tampil di depan orang banyak yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama mak Kanaya, aku jg salut & bangga.. soalnya akunya sendiri suka grogi klo tampil didepan orang banyak.. hehehe..

      Delete
  5. WOW...
    kakak Vania udah koleksi piala banyak banget!!!
    hebat sekali Kak

    ReplyDelete
  6. hebat sekali Vania kegiatannya banyak
    lombanya banyaakk
    pialanya banyaaaakkkkk

    bagus banget sekolahnya ya, mengikutkan anak anak ke banyak acara.
    beda sama sekolah dija...

    aku jadi terharu baca postingan ini Mbak...
    banyak orang menganggap lomba anak anak sepele, cuma mainan aja, gak berarti. Tapi bagi kita sebagai orang tua, ternyata itu segala galanya yaa... prioritas utama.
    terharuu aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemajuan anak, sekecil apapun, itu segalanya buat orangtua mba...

      Makanya...

      I don't wanna miss a thing..

      Hehehe..

      Delete
  7. Ibunda kudu pinter2 jaga mood anak ya, mba. :)

    Vania udah bisa mandiri dan nerimo. Melukis di atas kursi ya, Vania. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah alhamdulillah vania nrimo dan mau memaafkan kesalahan emaknya, Idah hehe..

      Delete
  8. Hai Vaniaaaa, aduuuh kangen banget sama postingan Bunda Vania daaach. Aku tahun depan ngerasain anak masuk TK Mba...semoga selalu istiqomah dan menjadi pendamping yang terbaik untuk Faiz. Koleksinya Vania banyak bangeet tuuuh..tahun depan masuk SD ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah dirimu pasti hebat mbak, you're a great mom.. ;-)

      Selamat menikmati hari2 di TK nanti yah Faiz.. utk skrg, selamat menyambut liburan dulu.. :-)

      Delete
  9. Terkadang saya juga ikutan mendampingi kegiatan lomba yang dilakukan anak-anak, jika ibunya sangat berhalanagn. Meski nggak jarang harus berbaur dengan para ibu-ibu. Pun demikian, kehadiran orang tua sebagai support terhadap anak-anak sangatlah besar pengaruhnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kehadiran orangtua itu support terbesar buat anak yah Pak Ies..

      Dan melihat kemajuan anak itu hadiah bagi orangtua.. :-)

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)