Monday, March 24, 2014

Multitasking, Menurut Pendapat Saya

Sepertinya blogger senior kita Pakde Cholik nggak pernah kehabisan ide. Ada saja. Kali ini status facebook pun bisa menjadi ide untuk menggelar giveaway sehari. Hebat deh!

Hal ini juga membuat saya membuka halaman facebook saya yang berdebu. Ternyata saya hampir tidak pernah menulis status, teman-teman... Hahaha.. Kebanyakan saya hanya update foto, itupun hanya seputar kegiatan sekolah Vania yang hanya mendapat jempol dari emak-emak sekolah Vania.. :-D

Tapi, jarang bukan berarti nggak pernah.. :-D
Terakhir kali saya menulis status itu hampir setahun yang lalu... Yaitu pada tanggal 21 April 2013.

"Selamat Hari Kartini... Maju terus perempuan Indonesia.."

Isi dari status saya itu juga ada share sebuah link posting saya yang saya ikutkan di kontes Pakde Cholik, Sehari Menjadi Srikandi


Baiklah, kali ini saya mencoba lagi ya, Pakde..? :-D

Maksud saya dengan status tersebut selain sebagai promosi blog, tentu saja juga sebagai apresiasi saya kepada semua perempuan Indonesia. ^_^

Bu Dey dan beberapa teman lainnya juga mengucapkan "Selamat Hari Kartini" di kolom komentar. Semoga bisa saling menginspirasi ya.. Amin..

Status kedua saya tulis tak berapa lama dari status di atas..

Pada tanggal 29 April 2013 saya menulis "berusaha utk tetap tenang di saat anak demam.. bismillahi tawakaltu 'alallah.."


Mbak Rasyidah Arif memberi do'a di kolom komentar, "semoga lekas sehat anaknya yah mbak, aamiin"

Seorang teman lain juga berkomentar dan memberi "like"... Semuanya, adalah ibu... Rasa simpati dan empati antar ibu memang nggak ada yang mengalahkan...

Saya jadi teringat beberapa bulan yang lalu... Saat saya ada jadwal kuliah, besoknya ujian, dan Vania demam.. Luar biasa paniknya, dan kepala saya rasanya terbelah tiga. 

Terkait dua status di atas, saya ingin menulis yang ada di pikiran saya sekarang. Multitasking.

Asal gambar
 
Pastinya hampir semua orang setuju bahwa menjadi ibu adalah sebuah pekerjaan multitasking. Dan wanita adalah makhluk paling hebat dalam hal multitasking. Tapi semenjak saya kuliah, ada sisi lain yang baru saya sadari. Hmm... 

Pekerjaan sehari-hari bagi saya, menyuapi sambil di depan laptop (saya yakin seperti ini juga bagi sebagian besar ibu blogger, ya kan?). Asal gambar.

Yang hebat dalam melakukan multitasking, ternyata nggak hanya wanita..  :-D

Sesaat sebelum ujian. Rambut kami sudah "tidak sama hitam"
  
Saya ingin menulis tentang teman-teman kuliah saya. Hampir semua dari kami memiliki tiga peran yang harus dijalankan. Sebagai ibu/ayah, sebagai dokter, dan sebagai mahasiswa. Membagi waktu antara praktek, mengurus anak, dan belajar, bagi saya sudah cukup membuat kepala pusing tujuh keliling. 

Oleh karena itu, kemampuan beberapa teman saya sungguh berada di luar nalar saya. 

Di kelas saya terdapat empat orang dokter spesialis yang juga menjabat sebagai direktur sebuah rumah sakit terbesar di Jakarta. Sebagian adalah konsulen di FK UI. Sebagian dengan mobilitas yang luar biasa. Yang bisa berpindah ke beberapa kota hanya dalam waktu sepekan.. 

Sampai-sampai, saat ujian Sabtu lalu... saat saya diminta oleh bapak bagian admin untuk menghubungi teman-teman yang belum datang...

Saya: "dok, ujian udah mau dimulai.. dokter udah dimana?"
Dr. ER: "sy di jakarta"
Saya: "..."

Beberapa dokter spesialis lainnya, (ternyata!) adalah juga mahasiswa S3! Biasanya mereka yang ambil program doktoral di subjek yang berkaitan dengan spesialisasinya.

Terbayang kan..? Alur sekolahnya beliau-beliau itu.. S1.. Spesialis.. (saat ini) S2 manajemen dan S3.

Salah seorang dari dokter spesialis senior itu, yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa S2 dan S3, cukup bersahabat dengan kami (para junior), dan senang untuk diajak belajar bersama. Rabu lalu (hari yang kami tau beliau off prakteknya), beliau sempat menolak ajakan kami untuk belajar bersama, karena harus menemani sang anak yang akan UTS, di rumah. Sementara istrinya juga bekerja. Namun ternyata di malam harinya, saya mendapat e-mail dari beliau yang berisi ringkasan pelajaran.

I ... Don't... Know... How... They... Do it all!

That is true multitasking...

Terlepas dari faktor gender, teman-teman sekelas saya baik yang laki-laki dan perempuan sepertinya memiliki kapasitas otak dan kemampuan manajemen waktu yang luar biasa. Usia tak menjadi halangan, mereka tetap semangat untuk belajar. Justru saya yang berusaha mengalahkan rasa minder saya, duduk bersama sebagai mahasiswa dengan dokter-dokter senior seusia Papa saya. 

Apresiasi saya juga terhadap teman-teman kuliah saya yang usianya jauh di bawah saya. Biasanya mereka adalah anak-anak freshgraduate FK maupun FKG. Mereka (kami) yang juga kuliah S2 sambil praktek... yang tidak pernah mengeluh apalagi demo, walaupun penghasilan jauh dibawah gaji buruh... ^_^  Semangat yang luar biasa..

Dan tentu saja, semangat dokter-dokter senior yang sepertinya tidak pernah kehabisan energi di usia yang tak lagi muda, mengingatkan saya pada seseorang di dunia saya yang lain (blogsphere)... yaitu Pakde Cholik... ^_^

Saya hanya bisa berdo'a semoga Indonesia tidak kehabisan sumber daya manusia yang hebat seperti beliau-beliau ini. Aamiin...

Mohon ijin Pakde... Tulisan ini juga saya dedikasikan untuk teman-teman kuliah saya di Magister Manajemen Rumahsakit UGM Jakarta angkatan 2013.. Sukses untuk semua.. ^_^

 Artikel ini diikutkan dalam Giveaway Blogger Dengan Dua Status di BlogCamp.

27 comments:

  1. Sukses Ganya ya Bunda Vania..ibu2 memang heubat deh, kasi jempol juga...dan kebayang sibuk2nya teman2 nya ya salutttt

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera didaftar
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, Pakde.. sukses selalu utk Pakde Cholik ^_^

      Delete
  3. foto yang diatas yang jadi pemennag GA kan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... inget aja mbak Lidya..
      kali ini aku mencoba lagi mbak.. :-D

      Delete
  4. sukses di GAnya dan sukses juga dalam manajemen waktunya,
    udah multitasking pastinya, buktinya bisa posting ini (kan harus ubek2 Fb) dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iyaa ubek2 FB wong jarang nulis status.. :-D

      Delete
  5. Great Mom Lyliana. :)))
    Kalau saya belum tentu bisa kayak gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bs... buktinya saiki lg ngeblog toh mbak... sambil ngapain?hihihi

      Delete
  6. Salam Takzim
    Izin silaturahmi sambil membawa undangan, barangkali berkenan kembali singgah digubukku untuk ikut meniup lilin. Pakde memang ok, semakin hari blognya semakin menanjak pageranges nya.
    Salam Takzim Batavusqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam Kang Isro... smoga tambah sukses batavusqu ^_^

      Delete
  7. Keren ya mbak.. Aku membayangkan teman-teman mbak Tia itu deh, pekerjaan, kuliahnya, keluarga... ahh jadi malu, sukses GA nya ya mbak :)

    ReplyDelete
  8. MOM ...
    Master of MultiTasking ... !!!

    Mantaaappp

    Semoga sukses di perhelatan Pak De ya Thia

    Salam saya Thia

    (25/3 : 2)

    ReplyDelete
  9. Wah keren ini... sepertinya bisa jadi salah satu pemenang nih Mbak.
    Karena penjabaran dari statusnya bagus banget mbak

    ReplyDelete
  10. Artikel yang Indah Mbak Mas Broooo

    sukses untuk kedepannya

    ReplyDelete
  11. Jeng Tia, sekian tahun lagi saat kita menengok ke belakang akan terhenyak koq bisa ya semua terlaksana.
    Maju terus mom Tia yang multitasking. Sukses GA-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu Prih juga sosok blogger yg inspiratif!!!
      makasih bu Prih...

      Delete
  12. luar biasa mbak, ternyata sudah lama juga ya ngeblog nya. Kalau saya sih baru kemarin bikin blog, jadi belum banyak tahu. Pengen juga nih bisa ikutan giveaway, siapa tahu bisa menang ya mbak hehehe :D
    sukses ya untuk giveaway nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Ririn... semangat terus yaa... ^_^

      Delete
  13. Salam kenal mbak , semoga tambah sukses ya :) artikel nya bagus bingiiits mbak :)

    ReplyDelete
  14. Selain multitaskingnya, saya juga membayangkan kepadatan rutinitas Bunda Vania dkk. Sibuknyaaa.

    Daaaaan, jadwal padat tak menyurutkan semangat untuk ngeBlog ya, Mba. Jempol deeeeh!.

    ReplyDelete
  15. saya juga makin minim nih mbak waktu untuk ngeblog, jadi hanya bisa ngeblog pada saat waktu luang saja hmmm keep happy blogging always ;)

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)