Thursday, February 6, 2014

Kudapan Sehat Ala Vania dan Opa

Gula aren sebagai penyedap masakan?

Wah, saya baru membaca itu di blog Mbak Evi, dan memang belum pernah mencobanya... Selama ini kami sekeluarga menggunakan gula aren ataupun gula jawa sebagai pemanis di kue-kue atau kudapan yang kami buat...

Jujur saja, saya belum mengetahui khasiat gula aren untuk kesehatan secara lebih mendalam sebelum mbak Evi mengadakan kontes ini. Namun ketika saya melakukan riset kecil-kecilan menggunakan si mbah google, saya bisa mengetahui lebih banyak manfaat kesehatan dari palm sugar atau gula aren ini. 

Dulu saya hanya tau bahwa gula aren itu adalah pemanis sehat karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula pasir biasa. Tentu saja dengan indeks glikemik yang rendah ini, gula aren tidak akan menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula darah. Jadi, insya Allah lebih aman untuk para penderita diabetes. 

Fakta yang baru saya ketahui belakangan adalah bahwa gula aren juga bisa menurunkan resiko seseorang terkena kanker payudara, dan dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga berguna untuk menurunkan berat badan! Yeay! Berarti, gula aren sungguh banyak manfaatnya ya, terutama buat perempuan.. ^_^

Palm sugar menurut penelitian yang dilakukan di Italia, memang dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan karena indeks glikemik yang rendah. Hasil penelitian mereka dipublikasikan di "American Journal of Clinical Nutrition" bulan Oktober 2007. Penjelasan singkatnya ada disini.

Sedangkan penjelasan dari palm sugar sebagai salah satu bahan untuk membantu menurunkan berat badan ini, adalah karena gula palem yang bersifat thermogenic, yaitu tubuh akan menggunakan lebih banyak energi untuk membakarnya, sehingga meningkatkan metabolisme tubuh. Sumber dari sini.

Nah, salah satu masakan dengan gula aren yang rutin dibuat di rumah kami adalah bubur kacang hijau. Ini, adalah kudapan kesukaan Opa. Dan kini, cucunya yang paling dekat dengan Opa, Vania, ikutan suka dengan bubur kacang hijau.. ^_^

Kalau saya suka bubur kacang hijau diberi ketan hitam.. Kalau Vania, suka bubur kacang hijau jika dimakan dengan roti..Sedangkan Opa, semua bentuk kacang hijau suka! :-D

Untuk bubur kacang hijau kami memang biasanya menggunakan gula aren.. Kalau kehabisan gula aren, ya pakai gula jawa yang terbuat dari kelapa... Secara cita rasa, Opa memang lebih menyukai gula aren.. ^_^

Oma sampai geleng-geleng kepala, karena diminta memasak kacang hijau hampir setiap hari..! Namun, walau Opa suka sekali dengan kudapan manis yang satu ini, insya Allah kadar gula darahnya cenderung stabil...

Produk Arenga dengan berbagai bentuk sediaannya.. Interesting! ^_^

Sekarang saya jadi tertarik untuk mengganti hampir semua pemakaian gula pasir dalam masakan dan minuman keluarga kami. Terlebih, Oma saat ini sudah mengidap diabetes walau masih ringan. Eksplorasi aneka resep serta uji coba di dapur dengan Vania tentu akan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan.. ^_^


http://eviindrawanto.com/2014/01/lomba-blog-peduli-pemanis-sehat/



26 comments:

  1. sama dong, saya suka kacang hijau jika ada kacang hitamnya :)

    ReplyDelete
  2. Iya Mbak sebisa mungkin dan kalau warnanya gak masalah sebaiknya menggunakan gula aren untuk pemanis sehari-hari.
    Makasih atas partisipasinya Mbak Lyliana :)

    ReplyDelete
  3. Ikut nimbrung, kalau saya suka makan burjo trus dikasih es hihihi XD
    Semoga menang yaaa Mbak...

    ReplyDelete
  4. nyodorin mangkok ah ke Vabnia, mau minta buburnya :)

    ReplyDelete
  5. kalo aku, burjonya gak pake ketan item ya, dek vania :)
    -sama kayak mama calvin, sambil nyodorin mangkok ayam-

    ReplyDelete
  6. mantab postingannya nie..mudah2an menang ya

    ReplyDelete
  7. uwaaa,,,q doyann banget sama burjo kl dicampur sm ketan hitam,enakkk...

    ReplyDelete
  8. ada bubur kacang ijonya dicampur dengan ketan item. Apalagi pemanisnya gula aren, cocok untuk suasana penghujan

    ReplyDelete
  9. Aku juga suka Bubur kacang ijo pakai ketan hitam... selama ini sih pakai gula jawa, belum pernah cona gula aren :)

    ReplyDelete
  10. Bubur kacang ijo ...
    apa lagi bubur sumsum ... pakai gula ...
    adalah panganan-panganan yang sangat "Om Trainer's friendly (ndak perlu gigiiiiii ...)
    hahaha

    Sukses Thia

    Salam saya

    (6/2 : 5)

    ReplyDelete
  11. Oh iya Mama saya juga sering memanfaatkan gula jawa sebagai menu utama pembuatan sambel kacang Bunda. Hehee :)

    ReplyDelete
  12. Saya juga suka minum kacang ijo, apalagi kalau dikasih es ..seger tenan
    Semoga berjaya dalam Giveawaynya Evi
    Salam hagat dari Surabaya

    ReplyDelete
  13. mba Thiaaaa..... kangen dirimu, udah lama juga ga mampir kesini... semoga sehat semua ya sekeluarga... gula aren itu selain lebih sehat juga lebih enak rasanya menurutku

    ReplyDelete
  14. Mbak Thia..

    saya drumah juga pakae varian palm sugar yg gula kelapad an gula aren..

    kalau dibuat kacang iJo, bener banget tuh kata pakdhe...slurppp...

    ReplyDelete
  15. Sehat bergizi ya Jeng Tia, bubur kacang hijau kesukaan Opa dan Vania, boleh mintakah Vania.....
    Selamat menikmati pola hidup sehat dan meramaikan GA Uni Evi.

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sudah turut mendukung kontes blog Peduli Pemanis Sehat

    artikel sudah tercatat sebagai peserta ya mbak Thia

    ReplyDelete
  17. Sip deh mbak, kalau gitu ikutan juga dong survei bedah blog saya berhadiah buku loh.

    Saya tunggu ya kabarnya.

    ReplyDelete
  18. Saya suka bubur. Aneka macam bubur pokoknya! :)
    Aah, itu ada beras merahnya ya, Mba.
    Bergizi tinggi tuh, ya.

    Bagus buat Vania, dan juga Opa.

    ReplyDelete
  19. Saya bubur kacang ijo cmpur ketan hitam :) sukses mbak yach

    ReplyDelete
  20. burcangjo pakai gula aren rasanya lebih sedap memang ya mbak
    gudlak ngontesnya ;)

    ReplyDelete
  21. Bubur kacang ijo... enak bener dimakan saat cuaca dingin spt sekarang ini ya.
    Vania suka ya?

    ReplyDelete
  22. Banyak sekali kudapan yang menggunakan gula aren ya Mbak.
    Gutlak utk kontesnya :)

    ReplyDelete
  23. bubur kacang hijau pakai pemanis sehat pasti makin nikmat :)

    ReplyDelete
  24. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen kacang hijau dan ketan hitam pake gula aren, Tiaaaaaa...

    ReplyDelete
  26. Jadi pengen kacang hijau plus ketan hitam, Tiaaaa...

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)