Thursday, January 30, 2014

Manfaat Fotografi Bagi Anak (Fieldtrip ke TSI)

Sejujurnya, ini adalah postingan yang tertunda lama.. ^_^

Sebelum libur sekolah akhir Desember lalu, Vania dan teman-teman sekolahnya berkesempatan fieldtrip ke Taman Safari Indonesia. Ini adalah kedua kalinya Vania ke TSI. Pertama kali kesini musim hujan juga, seingat saya tepat setahun yang lalu Vania ke TSI bersama Aira serta Oma dan Opa.

Fieldtrip ke TSI kemarin saya dan Eyang yang menemani Vania. Ini juga hiburan buat si Eyang biar jalan-jalan... ^_^

Selama di dalam bis sambil keliling Taman Safari, Vania menggunakan kamera digital saya untuk mengambil foto aneka hewan... Kebanyakan hasilnya masih blur karena tangannya belum bisa steady..  Namun Vania menjadi lebih perhatian dengan benda-benda dan hewan yang Vania lihat dibandingkan dengan kunjungan TSI setahun sebelumnya...

Salah satu hasil foto hewan yang Vania ambil... Ini "lumayan" nggak blur.. Dan cukup fokus.. (menurut saya).. :-D

Selain foto hewan, Vania juga tertarik mengambil foto aneka tumbuhan. Bunga dengan bentuk unik ini menarik perhatian Vania... ^_^

Selain foto-foto di atas, Vania juga suka foto teman-temannya. Salah seorang wali murid yang sering mendokumentasikan setiap kegiatan sekolah adalah Pamannya Pedorin, salah satu teman sekelas Vania di TK B. Karena Vania nggak suka difoto oleh seseorang selain saya, ia marah. Kemudian "membalas" Paman Pedorin dengan memfotonya juga. Jadilah berdua main foto-fotoan.. Lama-lama lucu juga dan tertawalah Vania.. Hahaha... ^_^

Foto kiri by Vania. Foto kanan by Paman Pedorin. :-D

Foto kiri by Viola (teman sekelas Vania). Foto kanan by Vania.

Dan sepanjang trip ini saya melihat anak-anak TK ini jago sekali mendokumentasikan ini dan itu. Baik berupa foto maupun video. Hebat deh...

Setelah selesai keliling Taman Safari, kami turun untuk mengunjungi Baby Zoo.. Saya melihat seekor orangutan bayi, dan saya menawari Vania, "Kak, mau nggak foto sama orangutan itu? Lucu ya?"

Dan saya takjub begitu Vania langsung mengangguk... Dan langsung ngeluyur ke dalam tempatnya baby orangutan... Ohohoho... Ternyata harus bayar duluuu.... Hahaha... Vania harus menunggu giliran deh sementara saya bayaran dulu... Aksinya Vania diikuti beberapa teman-temannya...

Vania dan baby orangutan.. ^_^

Saat mau pulang, para emak nggak mau ketinggalan untuk berfoto. Hmm... Can you find me..? :-D

On the way home... Kami mampir sebentar di Cimory Riverside. Vania belanja dengan trolley kecil, beli susu dan aneka keripik.. She loves mini trolleys!

Dan karena lelah yang menyenangkan, akhirnya Vania tertidur di pangkuan saya sepanjang perjalanan pulang.. :-D

Vania yang tiba-tiba saja mau difoto bareng orangutan sebenarnya mengejutkan saya. Secara, dia tipe anak yang sering ragu-ragu dalam segala hal. Mungkin ya (ini analisa saya), hal ini ada hubungannya dengan kepercayaan dirinya yang meningkat akibat saya mengizinkan dia menggunakan kamera saya untuk foto-foto dan saya memberi apresiasi terhadap semua hasilnya, bagaimanapun kondisinya.. :-D

Sebenarnya, apa sih manfaat fotografi bagi anak-anak..? 
  • Anak bisa memiliki kesempatan untuk mempelajari keahlian baru, dan ini dapat membuat anak lebih percaya diri.
  • Dapat meningkatkan kemampuan anak dalam hal perencaan dan mempresentasikan (menampilkan) suatu karya miliknya.
  • Memberikan anak kesempatan untuk menunjukkan potensinya melalui kreatifitas.
  • Memberikan anak kesempatan untuk menjadi inovatif.
  • Memberikan anak kesempatan untuk menyalurkan ide-idenya, pikiran dan perasaannya.
  • Merangsang anak-anak untuk mengembangkan ide-idenya dalam hal desain.
Sumber: The School Run

Wah banyak juga ya manfaatnya? Saya lagi terpikir untuk membeli kamera murah meriah untuk dimainkan Vania dan ponakan saya serta teman-temannya... Mungkin tema fotografi bisa menjadi ide permainan yang cukup menarik.. :-D

So, what do you think..? :-)

50 comments:

  1. wah Vania heubat ya, fotonya bagus dan gak takut ama si baby orangutan itu....

    Bunda, pastinya yang sebelah kanan duduk pake jilbab warna hitam....

    ReplyDelete
  2. ilmu baru pastinya ya mbk buat anak2,mereka belajar dan langsung lihat hasilnya,,^^
    peluk cium buat vania^^

    ReplyDelete
  3. Ternyata manfaatnya banyak sekali ya mbak, enggak nyangka.. Tapi saat memfoto Paman Pedorin dan Viola udah enggak ngeblur yaa..eh itu emaknya kompak bener yaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emak2 yang berusaha tetap eksis plus narsis.. x_x

      Delete
  4. karena anak2 seusia vania mmg lagi giat2nya mencoba ini itu ya mba.. anakku pun demikian. kalo jalan2, selalu saja kamera jd rebutan. atau kalo gak lagi bawa kamera, hapeku yg dirampas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... kreatif.. kamera nggak ada, hape pun jadi :-D

      Delete
  5. Lucuuu fotonya vania sama baby orang uta, kalau aku belum tentu berani bun :) Aku belum pernah loh ikut fieldtrip anak karena selama Tk ortu gak boleh ikut apalagi SD kan sudah besar ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo emak2 TK komimo emang doyan jalan dan doyan narsis, mbak.. hahaha...

      Delete
  6. tia.. baju merah jilbab item duduk di depan.. found!

    ReplyDelete
  7. anak saya yang nomer 2 dan 3 sepertinya punya hobi kayak bapaknya, njepret. Terutama yang umur 5 tahun, dengan berbekal kamera hape E7, sudah cukup banyak obyek yang dibidiknya. Caranya pun memperhatikan gimana saya njeprat njepret, jadi meskipun nggak ngajarkan secara langsung, sepertinya anak-anak langsung meniru dan selanjutnya dengan gayanya sendiri ia bisa mengembangkan njepret sesuai dengan imajinasi yang ditangkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah Pak Ies... anak2 yg sudah besar pun meniru cara bapaknya dalam berkreasi.. apalagi yang masih kecil ya... vania jg ikut2an hobi foto2 spt saya.. hehehe...

      pastinya nanti mereka berkreasi dgn caranya masing2.. ^_^

      Delete
  8. Hasil jepretan Vania bagus kok Kak.

    Ooo.. jadi begitu ya manfaat dari fotografi bagi anak (sambil manggut2)

    Kapan2 kalau saya di beri rejeki Bilqis juga akan saya belikan Camdig yang murah meriah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin... semoga Bilqis banyak rezekinya... ^_^

      Delete
  9. Vania sudah mulai pinter motret nih... hasilnya juga lumayan tuh mbak...
    Salam kangen buat Vania ya... lama gak mampir kesini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kangen., mbak Reni... sama2 mbak utk Sasha,, ^_^
      makasih mbak Reni

      Delete
  10. Kegunaan memotret itu ...
    menurut saya ... selain apa yang telah di tulis Thia ...
    Beberapa tahun yang akan datang...
    teman-teman ... dan juga Vania pasti akan berterima kasih kepada Bundanya karena diajari memotret ...
    Membingkai kenangan ... ini nilainya tidak terhingga nanti ...

    salam saya

    ReplyDelete
  11. Yes, I can, Tiaaaa!
    Saya tau Tia di foto itu ada di sebelah mana...hehehehe, dengan menajamkan mata dan sedikit kerja keras, tentu saja ;)
    Setuju Tia, saya sependapat kalau anak di usia dini dikenalkan dengan banyak aktivitas yang positif. Memotret itu salah satunya. Siapa tau, Vamia punya bakat buat jadi fotografer profesional...kayak Nicoline itu lo...

    Eh, iyaaaa...selamat menikmati liburan panjang di akhir pekan ini ya, smoga semua berjalan menyenangkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiiin utk do'anya mbak Irmaaaa... ^_^
      makasih mbak...

      Delete
  12. foto vania ama orang utan itu keren juga, kalau gue dekat-dekat ama orang utan pasti takut banget deh.. hahahha

    ReplyDelete
  13. kalau aku belum tentu berani gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata vania, rasanya kayak boneka.. hehe

      Delete
  14. Ah keren dari kecil dah diajarin fotografi, ponakan ku juga demen nya jepret2 tapi pake tabs emak nya dan hasil nya lumayan juga :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bocah2 skrg jago sekali mainan gadget ya

      Delete
  15. Kapan2 kalau ketemu Vania, mau minta di potret juga ah ..

    ReplyDelete
  16. wiiih seru jalan-jalannya. fotografi memang banyak manfaatnya :) aku mulai suka ambil foto waktu SD, pakai kamera pocket yang masih pakai roll film, hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah hebat... aku jaman kapan yah, kayaknya SD juga tp di akhir2.. hehe..

      Delete
  17. Vania berbakat jadi fotografer yah :)

    ReplyDelete
  18. Hehehe..Vania lucu ya, main foto-fotoan dengan si Paman..Habis itu si paman tertawa ngakak kali yah, Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak.. hiburan buat semua.. hehehee

      Delete
  19. wah belum pernah ngajak anak ke Taman safari Indonesia nih. Boleh ah tar main kesana, tapi anak blum bisa mainin kamera nampaknya, masih 18 bulan usianya, hehe. vania pinter banget ya hebat hasil fotona bagus kok.

    ReplyDelete
  20. wah, sudah kelihatan kalau fotografi adalah salah satu minat nya Vania
    semoga kelak Vania bisa jadi fotografer yang handal :)
    salam

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)