Thursday, August 1, 2013

Book Review: Seri Sains Dasar

Ketika Vania berkesempatan ke Keong Mas tempo hari, ternyata Gramedia juga sedang membuka stand buku-buku diskon di sana. Alhamdulillah Bunda Vania dapat beberapa buku yang oke, diantaranya adalah buku Seri Sains Dasar, seharga Rp.5000,- masing-masingnya.. :-D

Buku Seri Sains Dasar ini berisi tentang penjelasan sains dari benda-benda yang kita temui sehari-hari, dengan bahasa anak yang mudah dimengerti. Ditulis oleh Adrienne Mason, yang memang seorang penulis buku-buku sains baik untuk dewasa maupun untuk anak-anak.



Di buku ini juga banyak ide-ide untuk percobaan yang menunjang penjelasan tentang isi dari buku tersebut. Buat Vania sendiri yang sedang liburan, tentu ini adalah keuntungan buat Bundanya. Ide aneka eksperimen ini sangat menyenangkan buat anak-anak.. :-D

Di antara yang Vania coba di rumah...


Dari buku seri tentang Materi dan Benda.. Vania diminta untuk mengumpulkan lima macam benda yang berbeda-beda, untuk kemudian dibuat kolase nama "VANIA"... Dengan begini Vania bisa belajar tentang unsur-unsur materi benda yang berbeda-beda.. :-D


Kalau yang di bawah ini adalah percobaan tentang struktur. Macam-macam benda terdiri dari beberapa benda lainnya, bukan..? Termasuk kue.. ^_^

Percobaan membuat "struktur"


Nah kalau gambar di atas dan di bawah, masih dari buku Materi dan Benda.. Vania sedang belajar tentang massa benda, dengan menggunakan penggaris sebagai timbangan sederhana. Vania heran, mengapa es batu dan batu yang ukurannya sama bisa berbeda beratnya... :-D  Tentu saja itu semua kembali ke massa benda tersebut, ya nggak Vania.. Batu lebih padat tentunya, daripada air yang beku.. Hehehe... Tapi dijelaskan begini, Vania belum paham benar, yah nggak apa, pelan-pelan ya Nak.. ^_^


Menebak benda dengan mata tertutup ini, dimaksudkan supaya anak bisa menjelaskan sifat dari benda yang dimaksud, baik itu teksturnya, baunya, bentuknya, dan lain-lain.. Bunda Vania jadi ingat, dulu Bunda pernah ada permainan menebak benda dengan mata tertutup seperti ini saat Pramuka di SD. ^_^

Buku-buku sains seperti ini tentu saja banyak manfaatnya untuk anak-anak, karena dengan membaca dan mempraktekkan ide dari buku ini, anak bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.. ^_^

Hmm.. Kalau teman-teman Vania, ada ide mengisi liburan yang seru..? Cerita-cerita ya.. Siapa tau bisa jadi ide liburan untuk Vania juga.. ^_^

11 comments:

  1. jadi makin pintar & kreatif ya anak-anak setelah membaca buku ini

    ReplyDelete
  2. wow,tambah cerdas n pintar aja nih vania....bukunya bagus bangettt :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiiiin... :-D
      Betul, miss Hanna... Bukunya bagus.. :-)

      Delete
  3. Wah tambah kraetif dan tambah pinter ya pastinya Vania.

    ReplyDelete
  4. skrg buku ttg sains banyak yg menarik, ya. Bagus buat anak2 :)

    ReplyDelete
  5. wahhh emaknya rajin yachhh......nemenin vania bikin percobaan....kalo aku rasanya blm jadi emak yang baik nech hiks......

    ReplyDelete
  6. wah bukunya bagus banget ya mbak, jd di bukaunya ada percobaannya juga ya mbak?

    ReplyDelete
  7. Asiik banget tu bukunya, kepingin tuuuh buku-buku sains dasar, tante juga masih pingin belajar lo,

    ReplyDelete
  8. bukunya bagus...dapat langsung melatih otak kanan anak..

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)