Tuesday, July 9, 2013

Kemajuan Renang Vania

Posting ini hanya sebagai catatan pribadi.

Sama seperti posting sebelumnya tentang membaca, posting ini pun bunda buat sebagai catatan pribadi, bukan untuk membandingkan Vania dengan anak lainnya namun untuk pembandingan Vania dengan keadaan Vania sendiri sebelumnya.

Selama libur sekolah dua minggu ini, Vania cukup sering menghabiskan waktu di kolam renang. Bisa dibilang hampir setiap hari minta berenang. Bunda hanya sukses menolak permintaan Vania di hari-hari mendung yang dingin, hehehe.. Ada perasaan takut jika masuk ke air yang suhunya dingin begitu, Vania pernah bibirnya sampai membiru, tubuhnya menggigil, namun dengan keras kepalanya masih mau main di air. Kalau bunda nggak marah saat itu, mungkin Vania bisa terserang hypothermia. Na'udzubillah.

Pemanasan dulu.. ^_^

Alhamdulillah, selama libur sekolah tahun ini, Vania kedatangan teman bermain dari Semarang. Hehe.. Bukan teman sih, lebih tepat disebut "tante". Kakak Cia, begitu Vania memanggilnya. Kakak Cia ini sebenarnya adalah sepupunya bunda, namun karena usianya lebih dekat dengan Vania, hanya 3 tahun lebih tua, Kakak Cia menolak dipanggil "tante".. :-D

Tentu saja kegiatan berenang jadi semakin asik kalau ada temannya ya.. Sebelum masuk ke air, tentu harus pemanasan dulu.. Peregangan dan lari-lari kecil, supaya otot nggak kaget dan supaya tubuh lebih hangat.. ^_^


Sebelumnya, jika masuk ke kolam renang, maka otomatis Vania harus bunda pegangin.. Mulai dari tangga hingga bagian tengah kolam, ya masih bunda pegangin.. Belum mau dilepas, bahkan ketika pakai ban juga Vania takut jika bunda atau Opa Oma jauh-jauh.. 

Sekarang, ada kemajuan.. Vania sudah mau (dan bisa) sendiri.. Walaupun bunda khawatir juga, karena tinggi air di bagian paling dangkal ini saja mencapai hampir setengah kepala Vania. Tapi Vania tenang saja dan mau berlatih gerakan kaki di palang besi tanpa bantuan bunda. Gerakannya sudah cukup bagus, insya Allah..


Kalau berenang ke tengah kolam, tentu saja Vania masih pakai ban karena belum bisa mengambang.. Bunda hanya konsentrasi ke gerakan Vania.. Bagaimana caranya supaya Vania bisa berenang maju dengan gerakan kaki dan tangan yang benar..


Ketika bunda lihat Vania sudah ada kemajuan dalam hal menjaga keseimbangan, maka ban diganti dengan pelampung yang di lengan. Menurut pengamatan bunda, dengan menggunakan pelampung di lengan ini, Vania berusaha lebih keras dalam menjaga keseimbangan.. Dan insya Allah hal ini akan membantunya dalam hal belajar mengambang, bukan?


Selain bunda, yang mengajarkan Vania berenang tentu saja Opa dan Oma. (Oma nggak ditampilin fotonya karena kami sama-sama pakai kerudung, tapi masuk ke kolam renang dilepas..)


Terlihat Vania mudah lelah jika memakai pelampung di lengan ini. Mungkin karena Vania berusaha berenang dan dalam waktu bersamaan harus manjaga keseimbangan juga..

Sebenarnya, Vania semangatnya luar biasa.. Hanya saja bunda yang selalu harus cek kondisi Vania setiap saat. Warna bibirnya, warna tangannya, detak jantungnya (pegang dada kirinya). Jika dirasa detak jantung Vania terlalu cepat, maka bunda akan suruh Vania istirahat sejenak, duduk di tangga. Rasanya mengkhawatirkan jika dipaksakan.


Insya Allah Vania sudah bisa berenang dengan bantuan pelampung di lengan ini. Kemarin baru saja lomba dengan Oma dari ujung ke ujung (di kolam yang panjangnya hanya sekitar 10 meter). Tapi, menurut bunda itu sudah lumayan jauh untuk ukuran anak 5 tahun. 


Di akhir satu putaran lomba dengan Oma, detak jantung Vania cepat sekali. Kalau sudah begini harus istirahat dulu.. Bunda juga nggak paham seratus persen ya, mungkin lain waktu bisa konsultasi dengan dokter olahraga jika ada kesempatan.

Setelah belajar berenang yang benar dan melelahkan, boleh berenang santai sambil main bola.. ^_^

Kalau sudah beberapa kali bolak balik dan bunda rasa sudah cukup buat Vania, biasanya bunda masukkan bola-bola plastik ke kolam dan Vania boleh berenang santai dengan ban. Yaaa, dengan bantuan ban Vania berenangnya bisa lebih santai, dalam artian nggak ngos-ngosan lagi, karena keseimbangan sudah dibantu dengan ban. 


Biasanya, sekali berenang bunda kasih jatah waktu 30-45 menit. Bahkan pernah sampai bunda kasih kelonggaran hingga 1 jam. Bundanya saja capek ya apalagi Vania hehehe.. Tapi setiap kali disuruh udahan pasti ribut.. Vania nggak mau keluar dari air, padahal sampai jari kakipun sudah keriput semua. Dasar anak-anak ya.. Main air itu adalah surga sepertinya bagi mereka, hehe.. ^_^

30 comments:

  1. Uwaaaa...pgn renangggg jadinya..cocok ne vania jd perenang mbk ;)

    ReplyDelete
  2. di kolam renang rumah ya, mba thia? subhanallah ya. semoga jadi perenang handal karena udah terbiasa dilatih dari kecil ;)

    ReplyDelete
  3. Renang memang olahraga yang bagus buat perkembangan anak2 ya mbak..sampai Kanjeng Nabi pun menganjurkan agar anak2 diajari renang..Kalo anak sulungku senenngnya kolam renang yang ada papan luncurnya...yg penting ttp dlm pengawasan yg ketat ya mbak,soalnya anak2 suka lupa kalo udah keasyikan bermain (.̮)‎​​ђёéђё

    ReplyDelete
    Replies
    1. diana-mana anak suka main air ya Mas Anton :-D

      Delete
  4. Iya Tia, anak-anak kalo udah masuk ke kolam, pasti susah diajak naik...
    Hebat deh Vania, kecil-kecil udah bisa berenang. Kak Risa dulu baru mulai les kelas 2 SD lo...hehe
    :D

    Tiaaa, cubit pipi Vania dikit boleh ya...gemeeeesssss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama... susah ya diajak udahan main air.. hihihi...
      wah kayaknya ntar kalau ketemu tante Irma bakal dicubit pipinya nih.. hehe..

      Delete
  5. Byyyuuuurr... Enak tenan bisa berenang setiap saat.hehehe

    Bener banget bund, Air emang surganya anak2... Sampai bibir biru juga tetep hayooo aja, enggak ada capeknya ^^

    Vania Hebat ya, 5 Tahun udah bisa lomba lawan Omanya... hihihi

    Semangat Vania..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omanya pura-pura kalah kok Mom.. wkwkwk.. :-D

      Delete
  6. Wah Vania heubat , insya allah cepat mahir berenangnya ya...

    ReplyDelete
  7. vania pinterrrr....... samaan sm kanaya skrg susah banget diajak kluar dr kolam renang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan-kapan mainan air bareng yuk Nay.. ;-)

      Delete
  8. ayo Vania balapan renang sama Alvin :) Allhamdulillah bun Pascal juga sudah agak lancar renang dengan gaya dada

    ReplyDelete
    Replies
    1. hebat Aa Pascal... Vania masih pake ban, A! hihihi.. ;-)

      Delete
  9. Yaaa kalau cuma renang sini uncle ajarin ampe mahir Van..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uncle Lozz mah jagonya renang ya.. ^_^
      bener ya kapan-kapan ajarin Vania berenang sampai mahir.. :-D

      Delete
  10. aduh senangnya belajar berenang ya vania..
    jangan kayak tante ga bisa berenang hihihiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting olahraga di air kok, Tante.. :-D

      Delete
  11. namanya anak anak yaa, pastinya seneng banget berenang tanpa memikirkan kondisi fisiknya
    tapi Vania insyaAllah kuat kok Bu Dokter
    iya kan Vania???

    ReplyDelete
  12. Waaah keren Kak Vania udah maju perkembangan berenangnya. Faiz masih belum berenang lagi, Abinya masih belum dapat jatah libur hari Minggu.

    Oh...kalau detak jantung cepat jangan dipaksakan ya? aplagi di air hihiii

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku harusnya cari tau lebih jauh tentang itu sih mbak.. insya Allah kalau dapat artikel dari sumber terpercaya, ta'posting disini.. :-D

      Delete
  13. anak 2 selalu suka sm yg namanya air, ya :D

    Katanya, sih, kalo anaknya berani, bakal cepet belajar renangnya. Semoga Vania spt itu :)

    ReplyDelete
  14. Mungkin karena semangatnya Vania, kemajuan Vania dalam berenang meningkat. Kapan2 berenang sama om ya, Vania hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om Sofyan juga nih, pasti jago renang sama seperti Uncle Lozz.. ^_^

      Delete
  15. vania anak yang pinter.. pasti bakalan ada kemajuan lainnya ...

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)