Thursday, June 6, 2013

Yoga di Taman

Biasanya kalau tanggal merah begini, guru dan teman-teman yoga saya sepakat untuk belajar yoga di taman. Terhitung sudah tiga kali saya ikut yoga di taman ini. Biasanya kami mengadakan latihan di Taman Wiladatika Cibubur, yang terletak bersebelahan dengan Bumi Perkemahan Cibubur.

Beda sekali dengan yoga di dalam ruangan, jika di taman saya bisa menikmati keadaan sekeliling saya. Hijaunya tanaman.. Aroma pohon cemara... Segarnya udara pagi. Yoga di taman biasanya diadakan lebih pagi, yaitu sekitar jam 7 pagi.

Di akhir sesi pun saya menjadi tidak patuh jika yoga diadakan di taman. Saat savasana (corpse pose), seharusnya mata juga terpejam. Namun karena pemandangan di taman terlalu indah untuk dilewati, sambil berbaring saya menikmati aneka burung yang terbang melintas di atas saya. Indah sekali. Subhanallah.

Foto diambil oleh mbak Yupi. Pose ini adalah salah satu bentuk pigeon pose.

Suatu ketika kami diajarkan meditasi pendengaran oleh Bu Guru Tita.

Kami diminta duduk bersila sembari memejamkan mata. Bunyi-bunyian apapun yang kami dengar, kami dilarang untuk memvisualisasikannya di otak kami. Misalkan, saat terpejam saya merasakan indera pendengaran saya semakin tajam. Saya mendengar orang menggergaji di kejauhan, mendengar gitar dipetik, anak kecil menangis, orang bernyanyi, dan banyak lagi..

Perintahnya, silahkan saja bunyi-bunyi itu masuk ke telinga kita, namun kita tidak boleh memvisualisasikan bentuk gergaji, gitar, anak kecil maupun sekelompok orang bernyanyi..

Jujur saja hal ini sulit untuk dipraktekkan. Ada bunyi krik-krik, dan otomatis otak saya langsung membayangkan bentuk jangkrik. Menurut Mbak Tita, hal ini bukan hal yang mustahil dipelajari.

Maknanya adalah, insya Allah kita bisa terbebas dari persepsi.

Nah itu dia yang penting ya..? Seringkali kita mendengar orang berbicara "A" dan kita mempersepsikan "B", mungkin kalau sudah mahir mempraktekkan meditasi yang satu ini, kita bisa menerima apapun yang kita dengar sebagaimana apa adanya.. Tidak seperti yang kita mau (persepsi).

Sampai sekarang Bu Guru Tita belum mengajarkan latihan ini lagi. Padahal saya ingin tahu lebih jauh lagi.. Mungkin terburu dengan waktu juga.. Hihihi... Wallahu'alam..

Di hari Jum'at yang lalu (tanggal merah juga), Vania ikut menjemput saya selesai sesi yoga. Anak ini senang sekali main di taman. Ya iyalah ya, anak perempuan mana yang ndak suka diajak jalan-jalan pagi ke taman..? ^_^


Banyak sekali spot di Taman Wiladatika. Biasanya, latihan yoga diadakan di taman yang letaknya bersebelahan dengan kolam renang, dan dekat dengan lapangan bola. Pekan olahraga Komimo tempo hari juga diadakan di lapangan ini.

Namun sayangnya, mainan anak-anak disini terlihat kotor, dan ada aroma tak sedap... Seperti yang terlihat di foto atas, dari jauh bagus karena warna warni begitu. Vania senang sekali ingin main disitu. Begitu didekati, hmm...

Ada air terjun kecil dan berbagai ornamen taman.

Tapi di sisi lain Taman Wiladatika ada juga taman yang bagus.. Saya ndak terlalu paham nama-namanya, namun taman ini terletak persis di sebelah pintu masuk utama Taman Wiladatika. Di bawah ini adalah foto-foto kami bulan Januari lalu.. ^_^ 

Vania ingin petik bunga.. Wah kalau ketahuan mungkin ditegur oleh petugasnya ya? Hihihi..

Hmm... Bagaimana coba caranya, melarang seorang anak perempuan yang begitu senangnya berada di taman bunga, sampai-sampai ia ingin sekali memetik satu-dua tangkai bunga untuk membuat bouquet kecil yang akan dipersembahkan ke Bundanya..? ^_^

Terdapat gua kecil.. Di sisi lainnya terdapat taman tanaman hias beserta kolam kecil dan jembatan di atasnya.. ^_^

Bagaimana kebiasaan sahabat di pagi hari libur? Sukakah jalan-jalan pagi atau olahraga di taman? :-)

Apapun kegiatannya, kita juga harus mengingat kembali peristiwa Isra' Mi'raj yang diperingati hari ini. Makna dan hikmah dibalik peristiwa Isra' Mi'raj itu... Semoga semakin menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan semakin meningkatkan ibadah kita kepada Allah SWT, amin ya Allah.. O:)

61 comments:

  1. ak lagi ada minat untuk belajar yoga, tujuannya untuk melatih pernafasan dan ketenangan terutama klo bisa dihubungkan dengan kegiatan berenanku bisa gg tuh tan ?, yoga itu ngeluarin keringet gg sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keluarin keringet banget, Tiara :-D
      ada gerakan yg efeknya sama seperti olahraga cardio.. sejauh yg aku tau dan baru aku kerjain itu adalah serangkaian gerakan Surya Namaskar. Beberapa set gerakan ini udah sukses bikin ngos-ngosan, padahal nggak ada 15 menit.. hehe..

      keterangan ttg gerakan Surya Namaskar dan penjelasannya contohnya ada disini, Tiara:

      http://www.dharmagiriutama.org/yoga-surya-namaskhar.html

      Delete
  2. terbebas dari persepsi.

    Waahhh ini sulit nih ...
    maklum kita biasa mempersepsikan apa saja yang kita lihat dengar rasakan

    salam saya Thia

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang susah ya Om.. mgkn manfaatnya supaya ndak salah persepsi kali ya Om... sy juga belum bisa mengaplikasikan itu :-D

      Delete
  3. menarik sekali Mbak Thia, ternyata yoga juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk selalu berpikir positif dengan menerjemahkan yang bijak terhadap informasi yang kita dapatkan dan tidak sebatas gampang menyimpulkan perkara-perkara yang belum jelas.

    Mungkin kalo saya lebih senang mengaplikasikannya ke dalam sholat Mbak Thia. Maksudnya adalah, kita berupaya menjalankan shalat yang sesuai dengan yang dicontohkan Rasululloh SAW, dan dalam pelaksanaannya kita memaksimalkan diri belajar dan belajar khusyu' yang didalamnya akan kita rasakan ketika itu telah kita capai, maka raga kita sangat rileks sekali karena yang shalat bukan hanya "tata cara dan bacaannya saja" namun ruh, jiwa dan seluruh sel tubuh bersinergi menciptakan sholat yang indah bermakna dan pada akhir salam akan kita rasakan tubuh yang lebih segar, dan berbeda sejara jasmani dan ruhani dengan kondisi sebelumnya. Inilah yang saya sebut pengkondisian jiwa dan raga untuk menuju sholat yang mampu mencegah kita dari perbuatan keji dan munkar dalam kehidupan nyata. Wallohu Ta'ala a'lam
    Lho komeng saya kok melenceng jauh hhh maaf Mbak Thia, hanya saling sharing dalam kemanfaatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETUJUUU, Pak Ies..

      Sholat adalah latihan yang sangat lengkap, baik utk kesehatan raga, jiwa dan spiritual.. subhanallah..

      kalau kita bisa melakukan sholat sebagaimana yg dicontohkan Rasulullah SAW pastinya kita akan mencapai kesehatan yang optimal ya pak, insya Allah,,,

      kalau "meditasi pendengaran" bisa saya samakan dengan ke-khusyukan dalam sholat ya Pak.. dan kita sebenarnya melakukan latihan itu 5 kali sehari bahkan lebih.. apapun yg kita dengar jgn sampai tervisualisasikan di kepala kita sehingga mengganggu ibadah,, luar biasa ajaran Nabi kita Muhammad SAW.. peace be upon him..

      Delete
  4. mbaaaa...
    dari duluuu pengen banget cobain yoga...
    sepertinya seru yah, kalo di taman begitu, lebih seger..

    ehm, tapi apakah gak dilihatin sama orang2 yang lagi nongkrong di taman gitu yah mba?
    akyu kan pemaluuuuu :)
    *rada minder*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... sebenernya diliatin sama orang juga sih mbak.. tp ndak lama, mereka biasanya langsung sibuk sama kegiatan masing2.. hihi..

      cuek ajah.. ahaha...

      Delete
  5. dulu pas ke bali, aku lihat beberapa turis yoga di taman hotel gitu.
    kepingiiiiiin banget bisa yoga
    tapi kalo di kota kecil gini, ya gak ada Mbak... hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin suatu saat nanti bakal ada ya mbak, saat yoga udah selumrah olahraga macam aerobik :D

      Delete
  6. Sering dengar tentang Yoga tapi belum pernah menyaksikan langsung. Melihat foto di atas .. terlihat gerakan yang sulit ya he he
    Btw .. luar biasa aktifitasnya :)

    ReplyDelete
  7. Ihh,, udah lama aku gak Yoga bun, jadi pengen deh >.<

    btw, tapi tamannya kelihatan bersih ya mbak, jadi emang nyaman buat olahraga dan bermain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang taman Wiladatika ini bagus buat jalan2 dan olahraga pagi Niee

      Delete
  8. asik, jadi dapet suasana baru, aku mau ikutan deh

    ReplyDelete
  9. waah....... jadi pnegne ikut yoga...

    nyaman banget kayaknya yah yoga di taman..

    si dedek nya rambutnya kriwil2 gitu,luucu deeee

    ReplyDelete
  10. Wah jadi terasa fresh ya mbak Yoga ditaman. Meskipun saya belum pernah melakukan Yoga..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. olahraga apapun kalau dilakukan di taman pagi2 rasanya fresh yah mas :)

      Delete
  11. Penasaran juga dengan : Boleh memasukkan semua suara2 yg didengar ke telinga tapi tidak boleh dipersepsikan. Tapi memang bisa dilatih dan dipelajari ya mbak.

    Pingin yoga juga kayak yang lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya susah.. yah yg penting buatku olahraganya dulu aja sih :)

      Delete
  12. Loh yang main gitar itu saya loh mbak. Mengganggu konsentrasi saat latihan yogakah? He.he

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. mantap.. deh!]
      lain kali main gitar di taman ya bilang2 dong ya Gan! hhihi..

      Delete
  13. dari zaman SD suka kemah di cibubur, aku dah suka sama suasananya.... apalagi taman wiladatika, bikin betah berjam jam disana... btw, aku pernah belajar Yoga juga dan hal yang paling sulit itu konsentrasinya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak.. apalagi konsentrasi saat latihan keseimbangan.. hihihi.. ;-D

      Delete
  14. wah mendengar sesuatu tapi ga mempersepsikan itu apa,,sulit bgt ya mbak. Tapi wajib dicoba. Yoga di taman asyik tuh mbak, aku biasanya pilates dan yoga di ruangan. Taman wiladatika, dekat situ ada kolam renang juga kan..? dulu sering pergi kesana ama papa..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada.. disini ada kolam renangnya, Pu.. itu taman yg di sebelah kolam renang yg biasa buat latihan yoga saat hari libur :-D

      Delete
  15. Nah itu susahnya Mbak Thia kalau harus konsentrasi, justru semakin dilupakan pikiran aneh-aneh semakin merasuk diotak :D
    Contohnya pas lagi sholat aja, padahal sudah niat ingin membuang pikiran-pikiran jelek, eh malah muncul yang aneh-aneh, ingat inilah ingat itulah hehe..
    Ngomong-ngomong jadi pengin ikutan yoga Mbak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sholat emang bnyk bgt godaannya ya mbak Yuni.. Hiks.. T_T

      Delete
  16. salam kenal ya bun :)
    dari kami outbound di malang

    http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
  17. Aku pernahnya di Buperta, outbound doang :D
    Mbak bisa pose yang kepala di bawah kaki di atas gak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisaaa Uunn.. Hihihi...
      Inih udah setahunan yoga teteup aja kaku... Ahaha..
      Selain bnyk mbolos jg jarang dilatih lg dirumah.. *pemalas* hihihi...

      Delete
  18. latihan terbebas dr persepsi itu mirip waktu aku latihan teater dulu mba, dan emang susah yaa aplikasinya mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak teater emang jempolan deh Rin..
      Latihan konsentrasinya itu, bukan cuma menenangkan pikiran, tp jg hrs mampu menciptakan pikiran baru,..

      Delete
  19. posisi yoga favorit aku tuh Savasana hahahaa *pemales

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mil.. Hahaha,...
      Selain savasana, aku jg suka child pose sama downward facing dog.. Semuanya pose istirahat yak.. Ahaha....

      Delete
  20. wedeeewww...enak banget yA Bund, yoganya di taman..:)

    ReplyDelete
  21. Aku sama sekali belum pernah Yoga...meditasiku sebatas sholat, heheee...pernah mencoba menenangkan diri dengan posisi meditasi...eh...malah ngantuk terus bobo daaah.

    Taman memang selalu mengasikkan...aku saja suka sekali Mba, Faiz apalagi...bakalan lari-larian. Kak Vania, apalagi daaach.

    Salam
    Astin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sholat is eveything yah mbak :-)
      Ya baik utk meditasi, baik pula utk olah tubuh :-)

      Taman iyalah... Petik bunga utk bunda nggak Faiz..? :-)

      Delete
  22. Yoga di taman tentu beda rasanya dengan yoga di studio fitness ya. Lebih terasa suasana alamnya... Aku sendiri sudah lama tidak yoga, habis guru yoga di studionya itu kurang enak. Sebaiknya dapat guru yang mau turun langsung membetulkan gerakan yang kurang tepat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah aku dapat guru yoga yang benar2 care, mbak Zi..

      Delete
  23. latihan yoga? ah, sudah terbayang badan bakal sakit2 karena pose yang rumit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap pose biasanya ada alternatif pose nya juga kak, asiknya gitu.. hehe.. yang penting maksud dan tujuan dari pose tersebut, bisa tercapai.. :-D

      Delete
  24. Iyaaa... aku juga jadi pengen bisa yoga, apalagi dilakukan di taman spt itu. Asyik banget deh.
    Ajarin dong mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaaa.. aku juga masih belajar mbak Reni.. ahahaha..
      masih kaku gini :-D

      Delete
  25. Saya selalu seneng kalo baca cerita Tia menemani Vania di hari libur...hal-hal sederhana pun jadi menarik bila dilakukan sepenuh hati, Tia...
    Karena Risa sudah besar, liburan hari Minggu itu biasanya kami isi dengan jalan-jalan di mall...hehehehe...sambil makan siang juga, maksudnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau lagi bingung mau jalan2 kemana, biasanya aku juga ajak vania ngemall mbak, wiskul.. hehehe.. :-P

      Delete
  26. Dari dulu, saya tertarik dengan oilahraga ini...pernah nyobain sekali, Tia...diajarin temen yang orang Bali, tapi setelah itu, nggak pernah nyobain yoga lagi deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy dah berkali2 latihan tetep kaku mbak, piye iki.. hiks hiks.. :-D

      Delete
    2. Salam kenal mbak Thia, kalai pengen ikut latihan bisa hub siapa ya? Boleh minta contact personnya?

      Delete
  27. mba. aku mau gabung bisa ? gimana cara nya ?

    ReplyDelete
  28. Ideem mba..aq jg mau gabung...caranya gimana?

    ReplyDelete
  29. masih ada yoga di taman? terimakasih infonya

    ReplyDelete
  30. Salam kenal.mau tanya mbak, kapan m jam berapa aja waktu latihannya.daftarnya dimana???
    Makasih.

    ReplyDelete
  31. Salam kenal.mau tanya mbak, kapan m jam berapa aja waktu latihannya.daftarnya dimana???
    Makasih.

    ReplyDelete
  32. Salam kenal mba, saya juga seorang yogini. Mau tanya komunitas yoga ditaman wiladatika apakah masih ada, saya minat untuk gabung, saya bisa hubungi siapa untuk ikut bergabung. Minta kontak pic nya, terima kasih

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)