Monday, June 17, 2013

Keju Pizza

Sebenarnya, tulisan ini sudah lama sekali ingin Bunda ceritakan.. Karena memang sudah hampir setahun yang lalu.. :-P

Saat Vania batita dulu, Bunda Vania beberapa kali memberi Vania keju sebagai MPASI (usia Vania di atas 1 tahun). Namun, begitu diberi keju, kulit Vania akan timbul beberapa bentol kemerah-merahan yang gatal. Alergi. Kalau menurut yang Bunda baca, ini karena alergi protein yang ada di susu sapi. Namun anehnya, kalau diberi susu UHT, Vania baik-baik saja..

Ketika browsing-browsing lagi, Bunda Vania menemukan artikel seorang anak balita yang juga alergi keju. Walaupun baik-baik saja saat minum susu sapi. Akan Bunda copas paragraf yang berisi penjelasannya disini.
Menurut Andang Gunawan, ND, ahli terapi nutrisi, seseorang memang bisa alergi terhadap keju. Zat di dalam keju yang dapat memicu alergi adalah tiramin, yang diperoleh dari hasil fermentasi. Jika hasil tes menyatakan Mutia alergi keju, sebaiknya memang ia menghindari konsumsi keju.
Sumber:  myhealthylife

Bisa jadi, dulu itu Vania tidak alergi protein susu sapi, namun hanya alergi pada satu bahan yang merupakan hasil dari fermentasi susu sapi. Seperti kasus di atas. Wallahu'alam.

Namun, sejak Vania usia 4 tahun Vania sudah tidak alergi lagi. Diawali dengan mencoba keju cheddar. Saat kulit Vania sudah tidak timbul bentol-bentol merah lagi, lanjut keju-keju lainnya seperti keju mozzarella yang digunakan sebagai topping pizza. Alhamdulillah.. Bunda senang.. ^_^ Ini artinya Vania sudah bisa diajak wiskul kemana-mana.. Hahaha.. 

Bantuin Bunda di dapur. Vania suka ngemilin kejunya saja.. :-D

Saking sukanya sama pizza, tempo hari sampai-sampai meminta pizza untuk sarapan. Yah, Bunda beli saja roti pizzanya, beri topping sosis dan keju cheddar, selesai.

Sebelumnya Bunda coba pakai mozzarella yang dijual di supermarket tapi kok rasanya ndak sama ya dengan pizza-pizza yang dijual di gerai-gerai pizza ternama itu.. Padahal sudah ditaburi keju parmesan juga.. Kata Vania beda banget, enakan yang beli.. Hahaha.. Ampuuun deh.. Makanya, akhirnya pakai keju cheddar saja.


Vania juga suka kok pizza yang buatan rumah. Apalagi, Vania sendiri yang membantu Bunda membuatnya.. Wah.. Rasanya sedap deh.. Capek masak, nikmati pizzanya.. ^_^

Made with love.. ^_^

Hmm.. Topping pizza apa yang menjadi favorit teman-teman? ^_^

10 comments:

  1. Waahhh.. Vania jago masak juga ya.. Bunda Dzaky mau ong dibuatin pizza juga.. ^^

    Sayang sekali Dzaky enggak suka keju kyak emaknya.. HEehehe

    Saat MPASI bunda coba pakai keju terus, tai setiap kali bikin makanan yang ada kejunya pasti Dzaky enggak mau. .. Alhasil bikin masakan baru lagi ^^... Hihihi

    ReplyDelete
  2. wow enak banget itu pizza nya, bagi dong vania :D

    ReplyDelete
  3. mpasi pake keju gimana ya mbak bikinnya? kalo kynan makan apapun cuma bertahan mak. 5 suap udah ga mau *nangis dipojokan kecuali apukat sih :p

    ReplyDelete
  4. wah kakak vania hebat sekali, aku mau dong kejunya..

    ReplyDelete
  5. Vania pinter deh...rasanya pasti enak ya.

    ReplyDelete
  6. vania pinter nih masaknya mau jadi chef ya

    ReplyDelete
  7. Vania, rasa keju memang enak, ya :)

    ReplyDelete
  8. syukurlah dah ndak alergi lagi ya mba k'vanianya :) duh jd pengen cobain pizza buatan k'vania nie he..he..

    ReplyDelete
  9. boleh dicobA nihh.. Makasih ya bunda Vanandita

    ReplyDelete
  10. Glek, pingin ambil....keju makanan yang enak, Alhamdulillah ya Kak...sudah bisa makan Keju...

    Enakkan yang Kak Vania bikin doong...hehee

    Salam
    Astin

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)