Sunday, June 16, 2013

Cerita-cerita Kanaya

Sehari sebelum saya menulis posting untuk pengumuman pemenang Giveaway Vania tempo hari, Uncle Lozz sudah menyerahkan kelima nama yang dipilihnya. Kebetulan nama pertama yang ada di list adalah Mbak Rina (Bunda Kanaya). Malamnya, langsung saya bbm mbak Rina, sembari menanyakan kabar Kanaya. Tentu saja saya belum memberitahukan hasil pengumuman yang diberikan Uncle Lozz.. Hehehe.. Memang kami sudah sering bercakap-cakap via bbm, tentang apa saja terutama tentang perkembangan dan celoteh Kanaya dan Vania. 

Kebetulan malam itu juga, saya bbm-an sambil sesekali membaca halaman facebook saya. Status yang paling atas saya lihat malam itu adalah statusnya Pakde Cholik, yang woro-woro kepada sahabat blogger untuk mencari pasangan kontes yang akan diadakan dalam rangka HUT BlogCamp yang ke-4. Rincian tentang kontes tersebut baru akan diumumkan keesokan harinya, begitu tulisan beliau di FB. Langsung saya meminta Bunda Kanaya untuk jadi pasangan saya, padahal saat itu kami belum mengetahui kontes yang akan digelar Pakde itu yang seperti apa.. Hahaha.. Saya nekad saja pokoknya. :-D

Jum'at kemarin, alhamdulillah ada kesempatan kami bertemu, bersama mbak Keke juga (cerita kopdar insya Allah menyusul.. :-D), sehingga saya bisa mengenal Mbak Rina dan Kanaya lebih dekat lagi. Blog Jejak Cinta Kanaya, adalah blog yang dibuat Mbak Rina untuk putri cantiknya, Kanaya. 

Jejak Cinta Kanaya

  

Bunda Kanaya adalah seorang ibu yang bekerja di luar rumah, sama seperti saya. Bagi kami, dengan anak usia pra-sekolah yang masih sangat membutuhkan waktu bersama ibu, keputusan untuk bekerja di luar rumah bukan hal yang mudah dijalankan. Oleh karena itu kami sering saling curhat tentang suka dukanya. Tentang perasaan bersalah, tentang prejudis, tentang kekhawatiran, dan macam-macam lagi. Tapi, bukan hal yang mustahil, ibu-ibu seperti kami pun, insya Allah bisa menjadi ibu yang baik.


Bunda Kanaya sangat rajin mencatat perkembangan Kanaya. Secara khusus, tulisannya memang diperuntukkan sebagai catatan pribadi. Tapi, bagi yang membaca pun bisa mendapat banyak masukan. Bunda Kanaya, dalam banyak tulisannya, tidak hanya menulis tentang Kanaya saja, namun juga menyertakan teori-teori parenting yang sangat bermanfaat buat siapa saja. 

Ini karena Bunda Kanaya rajin membaca tentang parenting dari berbagai sumber, yang diramu menjadi tulisan yang apik. Salah satu contohnya, adalah ketika Kanaya sedang giat-giatnya mewarnani. Tentu saja Bunda Kanaya bercerita tentang kemajuan Kanaya itu. Namun, di tulisannya tersebut juga disertakan tentang manfaat mewarnai bagi si kecil. Hal ini tentu saja adalah pengetahuan yang baru bagi saya.

Sidebar blog yang berisi link ke aneka situs parenting.

Saya bisa mengetahui situs-situs parenting yang sangat bermanfaat dari sidebar blog Jejak Cinta Kanaya.

Walaupun sebagai seorang ibu yang bekerja di luar rumah, namun rasa cinta dan kasih sayang Mbak Rina untuk Kanaya bisa terbaca dari tulisannya. Dan memang terbukti benar, karena walau singkat tapi saya sudah melihat sendiri bagaimana Mbak Rina mendidik dan mengurus Kanaya. Apa yang ditulis Mbak Rina, memang seperti itulah adanya. Kanaya yang ceria dan menggemaskan, dan tentu saja Mbak Rina yang sangat memahami karakter Kanaya. Tidak ada si mbak yang menyertai saat kami kopdar kemarin. Wah, saya sendiri mungkin belum tentu bisa semandiri ini.. :-D


Menurut saya, ini adalah motivasi bagi ibu bekerja manapun, bahwa walau bekerja di luar rumah, tetap bisa menjadi ibu yang baik bagi buah hati tercinta.  Membaca blog Jejak Cinta Kanaya, bagi saya pribadi, selain untuk bertukar pengalaman, juga adalah untuk menambah wawasan saya, terutama dalam hal parenting.




40 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Ini dia duel review emak pencinta anak hehehe

    sukses kontesnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Vania sehat dan ceria ... Om

      Delete
    2. Iyo nih Kang Dangduters, hehe.. Emak2 saling mereview..

      Ohya, makasih Pak Ies sudah diwakilkan menjawab..
      Alhamdulillah, vania sehat2 saja..

      Makasih om-om yg ramah dan baik hati.. ^_^

      Delete
  3. Review blog yang menarik. Sukses untuk kontes bikinan pak de ini bunda...

    ReplyDelete
  4. Salam kenal. Ijinkan saya belajar menyusun Review yang menarik, seperti ini salah satunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mas Gus Pri bisa jalan2 sampai kesini juga ya? :)
      Ayoo lanjut jalan2nya ke tempat yang lain Mas

      Delete
    2. Wah makasih apresiasinya Pak Gus.. Sebenernya saya juga ndak yakin, hahaha.. Masih butuh banyak belajar :-)

      Delete
  5. Kanaya ama Vania beda berapa tahun ya? 3 ?
    emang seru kalo punya anak seumuran
    tadi malah mo nulis Kania, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persisnya,mbeda sekitar 2,5 tahun mak Hilsya..
      Hahaha., iya ya, Kanaya dan Vania, sama dengan Kania... Hihihi..

      Delete
  6. Waahhh seru.. Terus aku pasangannya sama siapa doonggg.. Hihihi

    Sukses ya mbak ngontesnya...

    Aku juga banyak terinspirasi dari blognya Kanaya dan Bunda Vania ^^ hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mak Dzaky, cari pasangan.. Masih ada waktu.. :-D

      Delete
  7. wah ikutan juga yah mbak thia..:) pasangan sama mbak rina...sama saya waktu saya membalas koment mbak susi saat di FB untuk jadi patner saya...belom tahu lombanya kayak apa...walah ternyata review blog...keder juga bingung nggak pernah bikin soalnya...alhamduilah dengan susah payah kelar juga akhirnya...
    keren mbak..mbak rina memang baik dan ramah saya juga suka keep in touch di WA...
    wah kopdar sama mbak keke palembang juga yah...senangnya..

    sukses kontesnya yah mbak thia..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereview blog memang bikin deg degan mak Kinan, hihihi..

      Makasih mak Kinan, sama2, semoga sukses juga ya :-)

      Delete
  8. membuat riview ternyata lebiih mengalir ketika kita sudah begitu mengenal isi blog, termasuk dekat dengan pemiliknya. Ini point positif untuk Mbak Thia dan Mbak Rina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum saling kenal seperti apa bloggernya saya ndak berani mereview Pak.. Hihihi..
      Walaupun belum kopdar misalkan, kalau sudah sering membaca tulisan seseorang, rasanya lebih nyaman.. :-)

      Delete
  9. Membaca perkembangan anak memang sangat menyenangkan ya mbak. Dulu cukup sering, sekarang malah jarang. Lah kok malah curcol....
    Moga sukses kontesnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kangen juga baca polah tingkahnya Destin dan Binbin :-)

      Delete
  10. Aaaahhh...aku msh belum jg nih kopdar sm mba Rina. Mba Thia, ketemuan lg yuuuk, kangen niih, masih praktik di Kelapa Gading kaaan *kedip2* hihihihi

    Gudlak ngontesnya yaa ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaakkk aku gak praktek di KG Rin, terlalu mewah buatku, ahahaa..
      Dulu aku kontrol ortho di drg yg praktek di KG, skrg aku udah selesai perawatan ortho Rin, tapi hayuk aja klo ada acara kopdar di KG..
      Kangen jg nih sm neng Orin tea :-D

      Delete
  11. Aku belum kepikiran utk ikutan kontes review berhadapan yang digelar Pakde Cholik nih. Juga belum nyari2 pasangan hehehe.
    BTW gudlak utk kontesnya ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk, mbak Reni.. Msh ada waktu... :-D

      Delete
  12. Kopdaaarrr.... ayo mbak kapan2 kopdar denganku. Kalau mbak ke Yogya mungkin kesempatan kita utk bisa ketemu lebih besar ya? hehehe..
    BTW aku belum kenal nih ama Bundanya Kanaya... Ijin melipir ke lokasi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah...mudah2an bs kopdar jg dgn mbak Reni dan Sasha..:-)
      Aku jg ada saudara loh mbak, di Madiun :-)

      Delete
  13. aaah terharunya dirikuw blog Kanaya di review sekeren inih.... *ketjup Vania dan bundanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Blognya mangstab mak.. :-D

      Delete
  14. hmmm... masih belum kepikiran bikin blog khusus untuk Fira, asyik juga sebenarnya ya bisa mencatat seluruh perkembangan buah hati kita, harapannya bisa dibaca saak kelak si kecil sudah dewasa... tapi uda punya 2 blog aja lebih sering vakum nya daripada hapdetnya ...hehehehe..

    sukses ya bunda kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Aku jg sering vakum mak.. :-P

      Delete
  15. Waaa Mbak Keke abis ke Jakarta to...
    Semoga menang yaa mbak... :D

    ReplyDelete
  16. aku juga suka loh baca2 tentang tips parenting gitu hhohho penting banget menurutku punya pengetahuan itu sejak dini hhohho

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuu Put! hihii.. memang harus membekali diri jauh hari sebelumnya, supaya siap.. :-)

      Delete
  17. senengnyaaa Mbak Thia bisa ketemua Kanaya dan bundanya
    giliranku kapan yaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennn kapan-kapan main ke Jombang, mbak :-D
      hehehe.. insya Allah :-D

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)