Monday, June 10, 2013

Berkenalan Dengan Rainbow Warrior

Rainbow Warrior adalah sebuah kapal yang didesain khusus untuk sebuah misi penyelamatan lingkungan hidup, oleh sebuah organisasi internasional, Greenpeace.

Hari Minggu, 9 Juni 2013 kemarin, kami sekeluarga berkesempatan mengunjungi event Rainbow Warrior Open Boat Jakarta. Lebih spesifiknya, ini adalah kapal Rainbow Warrior III, dimana kapal Rainbow Warrior terdahulunya tenggelam dibom oleh intelijen Perancis 28 tahun yang lalu karena aksi mereka menentang aneka bentuk perusakan lingkungan.

Kapal Rainbow Warrior III ini baru dibuat di Jerman, tahun 2011. Rainbow Warrior III adalah kapal yang ramah lingkungan, dan sudah berlayar keliling dunia untuk mengkampanyekan misi mereka demi penyelamatan lingkungan hidup.

Event ini diadakan hanya pada tanggal 8-9 Juni 2013. Sudah lewat ya.. ^_^

Jujur saja saya juga mengetahui adanya event ini di menit-menit terakhir, saat tak sengaja saya melihat flyernya di web LiburanAnak. Pembukaan event ini pada tanggal 8 Juni 2013, diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Kapal Rainbow Warrior III berlabuh di Pelabuhan Penumpang Nusantara I, Tanjung Priok Jakarta Utara, dan acara Open Boat ini diadakan dari jam 09:00 sampai jam 16:00 WIB. Vania pergi kesana bersama Bunda, Opa Oma, Eyang dan Cacan. Sampai disana sekitar jam 9 lewat sedikit. Ternyata disana sudah banyak sekali pengunjung (terutama anak-anak), yang sangat antusias melihat dari dekat kapal Rainbow Warrior ini.


Antrian panjang. Sebelum antri masuk ke dalam kapal, kami disajikan aneka pameran foto tentang keindahan alam Indonesia, serta kegiatan organisasi Greenpeace di Indonesia. Salah satunya adalah pembangkit listrik tenaga surya di komplek Candi Borobudur.

Foto kanan bawah adalah panggung mini tempat story telling untuk anak-anak yang bosan mengantri. Temanya tentu saja tentang bagaimana cara anak-anak bisa berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan hidup. Sayangnya, waktu Vania masuk antrian yang ke kapal, acara ini belum mulai.

Vania yang bosan.

Bila bosan mengantri bisa bbm-an (biasanya sama Tante Selvi). Bila sudah lelah berdiri, bisa duduk di kaki bunda. Belajar sabar ya, Vania.. :-)

Akhirnya setelah setengah jam lebih mengantri, kami bisa naik ke kapal. Kami didampingi oleh kakak pemandu dari organisasi Greenpeace Indonesia. Di atas kapal sudah ada para awak kapal yang akan menjelaskan kepada kita tentang Rainbow Warrior III.


Kapal Rainbow Warrior III.


Mister di atas adalah seorang berkebangsaan Rusia, yang bertugas sebagai mekanik kapal. Mbak yang pakai baju hijau itu adalah Mbak penerjemah. Mister Rusia menjelaskan bahwa Rainbow Warrior III adalah kapal yang ramah lingkungan, salah satu contohnya adalah penggunaan layar yang lebih banyak daripada penggunaan mesin (kapal ini sekitar 80%-nya dijalankan dengan memanfaatkan tenaga angin). Kapal ini bisa menampung sekitar 32 awak kapal.

Untuk spesifikasi yang lebih jelas tentang apa yang membedakan kapal Rainbow Warrior III dengan kapal-kapal lainnya, bisa dilihat di website Rainbow Warrior.


Dari dek kapal, kami masuk ke ruang kemudi. Madam diatas menjelaskan tentang alat-alat di ruangan ini. Foto kanan adalah Om penerjemah, Opa dan Vania yang sedang melihat-lihat kemudi kapal.


Kemudi kapal kini tidak seperti kemudi kapal yang dulu lagi. Kemudinya cukup kecil saja. Itupun tidak setiap saat digunakan, karena biasanya cukup menjalankan autopilot dengan memasukkan koordinat tempat tujuan. Foto kanan bawah adalah aneka monitor, salah satunya adalah alat yang mengukur kecepatan angin (mengingat kapal ini dijalankan oleh tenaga angin). Ada juga alat pengukur kedalaman lautan.

Aneka sekoci.

Turun ke helideck.

Dari ruang kemudi kami turun ke helideck, tempat mendaratnya helikopter. Disini ada penjelasan akhir tentang kapal keseluruhan.

Pemandangan dari helideck.

Ada beberapa ruangan yang tidak dimasuki, diantaranya adalah ruang mesin, ruang makan, ruang dapur dan ruang bersantai. Keren.. Ada gitarnya.. ^_^  Aneka kegiatan bersantai untuk para awak diadakan di ruang santai ini.

Turun ke conference room.

Dari  helideck kami turun ke conference room. Kabarnya, saat peresmian sehari sebelumnya, Presiden SBY juga mengadakan konferensi di ruangan ini. Disini kami disajikan video clip tentang aksi Greenpeace dalam upaya mereka menyelamatkan lingkungan hidup.

Disini juga organisasi Greenpeace Indonesia menjelaskan tentang Supporter Greenpeace, yaitu mereka yang menjadi donatur tetap organisasi ini. Greenpeace adalah organisasi independen yang tidak berafiliasi dengan pemerintah dari negara manapun, maupun partai politik apapun.

Kami dibagikan formulir untuk menjadi donatur tetap (bisa dengan credit card atau autodebit setiap bulannya). Sayangnya, menjadi donatur tetap agak berat untuk saya pribadi. Ada juga option untuk donasi sekali seumur hidup.


Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung ke website Greenpeace Indonesia.

47 comments:

  1. TFS, perjalanan menyenangkan....

    btw, hr sabtu minggu itu klo ga salah sedang luar biasa panas di tangerang, priok juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. banget mak.. panas banget.. :-D

      Delete
  2. aku masih belum mengerti maksud kapal ramah lingkungan

    bukannya kapal sederhana tanpa mesin juga ramah lingkungan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya itu lebih ramah daripada kapal mesin kebanyakan mas.

      gitu aja kok bingung

      Delete
    2. makasih Kang, udah dibantuin jawab :-D

      Delete
  3. asyiknyaaa Vania bisa tour ship Rainbow Warrior, kangen naik kapal besar lagi :D

    ReplyDelete
  4. suamiku ke sana pas hari sabtunya mbak...., tadinya mau ikut tapi Kanaya masih sakit , gak jadi deh, seruuu yaaa bisa masuk kapal yang keren begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan-kapan insya Allah ada lagi yah Nay..
      jaga kesehatan, Kanaya ^_^

      Delete
  5. hooo jadi tiap ruangan beda yang jelasinnya juga ya ?
    itu yg mr rusia itu ngejelasin dalam bahasa rusia gitu ?wow keren juga penerjemahnya hhehhe
    waktu itu pernah ditawarin soal jadi donatur pas lagi jalan2 di mall, rasanya kayak lgi di prospek mlm gitu hhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. mirip-mirip begitu juga sih, Tiara :-D

      Delete
  6. Bener-bener menarik. Sempat mau ke Jakarta pas ada acara ini rencananya mau mampir juga, sayang batal.
    Hebat neh bisa menyempatkan dan perhatian sama acara seperti ini.
    Trims Mbak atas suguhannya foto2 kapal yang menarik.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti kalau hasil jepretan Kang Yayat jauuuh lebih oke deh :-D

      Delete
  7. Asyik Mbak bisa masuk kedalam kapal-kapal itu, dapat penjelasannya pula..
    Oya kapal itu apakah cuma berhenti dipke wisata apa nantinya berlayar ke lautan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka berlayar mbak, cuma kesempatan melabuh di Jakarta, digunakan untuk memperkenalkan kapal ini.. sepertinya begitu :-D

      Delete
  8. wah asik banget ya Bun acaranya...., jarang2 yang seperti ini liat Raibow warrior...sayang kita gak tau Bun...mdh2an kapan2 bs ada event kayak gini lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Fitri.. :-)
      sepertinya mendekati liburan anak kali ini banyak sekali event-event menarik ya Mbak :-)

      Delete
  9. Asyiknya dapat kesempatan menjelajah rainbow warrior... tapi antrenya lama juga ya mbak. Maklum kalo Vania jadi bete dan bosan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma dua hari soalnya mbak.. dan peminatnya banyak sekali.. :-D

      Delete
  10. wah keren tuh kapalnya, ane mau jadi awak kapalnya :)

    ReplyDelete
  11. mungkin ini seperti kapal pinisi modern ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. bisa juga dianggap begitu :-)

      Delete
  12. kalau bisa kapalnya menggunakan tenaga listrik yang berasal dari matahari biar lebih ramah lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tau aplikasinya bagaimana ke kapal.. tapi greenpeace sudah membuat pembangkit listrik tenaga surya dimana-mana.. Setahu saya begitu :-)

      Delete
  13. Tanpa menjadi simpatisan atau donatur Greenpeace kita pun bisa menjadi agen lingkungan loh Van.. Setidaknya agen lingkungan di kanan kiri kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju dengan Kang Dangdut.. banyak yang bisa kita lakukan juga ya Kang.. :-)

      Delete
  14. Gue pernah jadi donasi tetap, tapi udah lama, lima tahun lalu :D
    Asik ya Vania sempet ke sana ;)
    Tfs Thia, jadi berasa ikut jalan-jalan, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat Del... sudah 5 tahun jadi donatur tetap.. ;-)
      semoga berkah ya Del, amin.. :-)

      Delete
  15. Saya sempat berpikir ketika melihat tayangan di berita TV yang katanya greenpeace adalah kapal ramah lingkungan, dari segi apa ? ternyata baru ngerti kalo kapal segedhe ini ternyata 80% dijalankan dengan menggunakan energi angin. Ini hal yang sangat luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke depannya pasti akan lebih maju lagi ya Kang.. dan lebih ramah lingkungan. Semoga.. ;-D

      Delete
  16. yaaa ... sayang bgt dah lwt, ya. Tahun depan ada lagi gak, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan yah mbak Myra.. bisa kopdar disana kali ya kalau datangnya barengan.. ahaha.. :-D

      Delete
  17. kesempatan yg luar biasa. alangkah senngnya...

    ReplyDelete
  18. Tia...bener-bener sarana pembelajaran yang menarik dan kreatif buat Vania!
    Lagipula, pas juga kan dengan profesi Opa-nya Vania dulu?
    Hehehe...saya belum pernah naik ke kapal seperti ini, beruntungnya Vania, kecil-kecil sudah pernah merasakan gimana rasanya berada diatas kapal Rainbow Warrior :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesempatan yang langka memang Mbak Irma..
      masih berharap suatu saat nanti kami bisa layar sungguhan.. :-D

      Delete
  19. Oyaaaa...biarpun ngantri setengah jam, rasanya akan rela deh, karena kan tidak setiap saat kapal ini dibuka untuk umum...sayang tempatnya jauh dari rumah saya, coba kalau deket, rasanya saya mau deh berkomunikasi langsung dengan para awak Rainbow Warrior itu. Pasti tambah ilmu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka ramah-ramah dan sangat bersemangat memberikan informasi, namun sayang waktunya terbatas karena antrian setelah kami masih panjaaang.. hihihi..

      makasih mbak Irma :-)

      Delete
  20. Wahhhh mantap bisa melihat isi kapalnya mbak yach

    ReplyDelete
  21. Woww... keren dan asyik banget :)

    ReplyDelete
  22. kapal ini masih eksis ya..?
    perasaan tahun berapa pernah didemo dan diusir ga boleh masuk wilayah ri..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mosok? ini baru sih Pak, yang ketiga, buatan 2011 kabarnya..
      yg pertama iya pernah di bom perancis, terus yg kedua aku belum tau kabarnya :-D

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)