Wednesday, May 29, 2013

Kumpul Keluarga @ Water Kingdom Mekarsari

Akhir pekan tanggal 18 Mei kemarin, kami sekeluarga berkesempatan pergi ke Water Kingdom Mekarsari, Cileungsi, Jawa Barat. Letaknya persis bersebelahan dengan Taman Wisata Mekarsari. Menurut berita yang saya baca di detikTravel, ternyata Water Kingdom ini masih tergolong baru, grand opening baru dilaksanakan Desember tahun lalu. Kabarnya ini waterpark terbesar si Asia.. Hmm.. Mungkin ini termasuk danau Mekarsari dan aneka wahana airnya ya..? :-D

Dalam rangka pembukaan, mereka menawarkan tiket dengan potongan harga 50%. Kebetulan saat itu adik bungsu saya (Ilham) yang membelikan tiket masuk untuk kami sekeluarga. Tiket yang dibeli bulan Desember itu berlaku untuk 6 bulan...

Boneka di pintu masuk.

Disana ada semacam saung-saung untuk meletakkan barang dan beristirahat, namanya cabana. Harga sewanya lumayan (mahal maksudnya) hehe.. Yaitu Rp.120.000,- per 3 jam. Kalau dipikir-pikir lagi, lebih baik meletakkan barang-barang di locker saja, sehingga semua bisa bermain. Kalau sewa cabana pasti ada anggota keluarga yang tugasnya mengawasi barang, ndak bisa kemana-mana.

Akhirnya ndak berapa lama kami masukkan saja barang ke locker, barang penting seperti handphone dan dompet dibawa-bawa, bergantian menjaga di kursi-kursi yang tersebar dimana-mana.  Kursi-kursi ini free of charge tentunya.. :-D

Cabana. Sampai di area water park ini,Vania sudah seperti kelinci yang diberi extra batere. Loncat-loncat kegirangan.

Ada sekitar 12 wahana disini, yang menurut saya 75% diantaranya sangat children-friendly. Maksudnya ndak terlalu berbahaya dan kedalaman air sangat dangkal. Saya belum pernah ke water park manapun di Jakarta sih (aduh, kasian banget ya?) Terakhir main di water park saat SMP dulu dan itu bukan di Jakarta.. Hihihi.. Ini water park pertama yang saya datangi.. Jadi saya belum bisa membandingkan dengan yang lainnya.

Tapi sejauh yang saya lihat, Water Kingdom asiknya buat anak-anak ya.. Kalau buat dewasa sepertinya yang di Waterbom PIK lebih tinggi dan lebih seru wahananya, kalau ndak salah ya (ini juga baru sebatas testimoni adik saya yang pernah ke Waterbom PIK).

Ini area Toddler Pool. Di sebelahnya ada Kiddy Pool. Ini mencerminkan Mekarsari banget yaa... Dekorasinya berupa buah-buahan begitu.. Hihihi...

Bermain di Kiddy Pool.

Lazy River.

Di Lazy River juga airnya ndak terlalu dalam... Beberapa wahana membutuhkan ban untuk bermain. Disini bannya harus sewa, seharga Rp.10.000,- untuk yang single dan Rp.20.000,- untuk yang double, dengan waktu pemakaian sepuas-puasnya. Jadi kalau pindah permainan ya ban yang sudah kita sewa itu dibawa kemana-mana.. :-D

Selesai dua wahana splish splash, Vania dan Aira istirahat sejenak... Terutama buat anak-anak, ngemil dulu... Kami bawa cemilan manis terutama, supaya mereka ada tenaganya..

Nyam.. Nyam.. Itu sebenarnya ndak boleh makan di kolam ya.. Cuma Vanianya ndak mau keluar dari air, akhirnya saya curang deh, masukkan roti ke mulutnya sesuap demi sesuap (-___-)"

Selesai ngemil, main lagiii...
Kali ini ke Octopus Splash Pool...

Ndak tau kenapa Vania takut sekali masuk ke dalam gua-gua yang ada gurita di atasnya ini.. Itu dia menarik tangan Opanya kuat-kuat, minta balik..

Tapi akhirnya mau juga. Setelah diyakinkan bahwa nenek moyang Vania itu pelaut. Hehe.. Ndak boleh takut gelap, ndak boleh takut air..

Ohya, ternyata ya kalau kita meluncur dengan posisi berbaring kecepatan akan semakin bertambah ya... Lihat saja foto Opa dan Aira di pojok kanan atas.. Kecepatan yang lebih menyebabkan air banyak terciprat ke wajah Aira... Hihihi.. Tapi kalau posisi duduk, kecepatan bisa lebih lambat, seperti gambar Vania dan Tante Selvi di pojok kiri bawah..

Masih di sekitar Octopus Splash Pool. Kedalaman air dangkal. Momen bersama keluarga seperti ini, ndak boleh dilewatkan. ^_^

Persis bersebelahan dengan Octopus Splash Pool, terdapat Wave Pool yang menyajikan atraksi ombak buatan. Namun ombak buatan tidak diadakan setiap saat. Hanya diadakan dua kali sehari. Sekitar 15 menit sebelum atraksi ombak buatan, ada pemberitahuan untuk seluruh pengunjung, bahwa Wave Pool akan segera dinyalakan. Saat kami kesana, Wave Pool baru dinyalakan sekitar jam 12 siang. Lagi panas-panasnya. Untungnya kemarin itu cuaca sedikit berawan.

Octopus Splash Pool dan Wave Pool yang saling berdekatan.

Menikmati serunya ombak buatan di Wave Pool. Ternyata menahan ombak itu sangat melelahkan.. (-___-)"

Vania seneng banget... Perpaduan antara lantai kolam dan ombak buatan, membuat tubuhnya terseret ombak berkali-kali. Dan ini "sesuatu" banget buat Vania dan Aira.

Ekspresi Aira. Aira harus dipegangi Mamam yaa.. Belum boleh sendirian.. ^_^

Kiri: Raft Slide. Kanan: Futsal Fountain.

Ombak buatan berlangsung sekitar 15 menit, kemudian Vania dan Aira bermain di Lazy River lagi bersama Opa serta Mama Papanya Aira. Saya diberi kesempatan menaiki wahana lainnya. Saya bersama adik bungsu saya dan istrinya (Ilham dan Selvi) meluncur di Raft Slide. Kami bergantian, jadi ada yang mengambil foto kami di bawah. Hihihi..

Slide yang warna ungu itu terbuka, sedangkan yang orange tertutup. Saya ndak berani naik yang orange. Kata adik saya, gelap gulita. Tangan di depan wajah pun ndak kelihatan.. x_x

Entah kenapa saya kok deg-degan ya naiknya. Apa karena faktor U yang sudah kepala 3 ini ya.. Hehehe.. Saat akan meluncur saya diberi peringatan oleh lifeguardnya, "Nanti posisinya jangan tiduran ya Mbak.."

Sambil meluncur turun di slide ungu itu, jantung saya mau copot rasanya. Kok tikungannya tajam sekali, seakan-akan saya mau "keluar" dan slide dan jatuh ke bawah di tiap tikungannya. Saya baru bisa bernafas lega ketika sampai di landing pool di bawah itu.. Kalau testimoni Selvi, Waterbom yang di PIK itu lebih nyaman dibanding slide ungu itu. Selvi juga merasa takut naik slide ungu itu. Berarti perasaan saya ndak salah dong ya? Hmm..

Saya jadi ingat peringatan awalnya, kalau posisi saya tiduran mungkin meluncurnya lebih cepat, seperti yang saya tulis di atas tadi. Dan kalau slide-nya terbuka seperti yang ungu, mungkin bisa membahayakan jiwa.. Mungkin. Wallahu'alam...

Semua gambar dari sini. Atas: Olympic Pool. Bawah: Food Court.

Selain Raft Slide tadi saya juga meluncur ke Olympic Pool yang lokasinya ndak jauh dari situ. Ada slide warna merah dan kuning yang landai. Saya pikir.. Aaah... Kecil... Saya pun menaikinya dengan membawa ban yang tadi. Tapi kok susah turunnya ya? Akhirnya bisa juga dan saya pun melaju kencang ke bawah...

Ternyata begitu saya sampai di landing pool, saya njungkel.. Hehehe... Tersedak air... Norak banget yaaa... Ternyata kata adik saya, selain posisi tubuh yang harus lebih duduk, kaki kita juga harus mengerem laju tubuh kita, biar ndak njungkel.. Karena adik saya juga njungkel itu.. Kedua kalinya dia coba, baru aman.. :-P

Tapi... Setelah saya baca-baca lagi, kedua slide yang di Olympic Pool itu adalah body slide, bukan raft slide.. Which means? Seharusnya saya meluncur ndak pakai ban, mungkin kalau begitu insiden njungkel sampai tersedak air itu ndak terjadi ya.. (-___-)" 

Selesai itu, saya sudah sangat lelah.. Saya kepikiran Vania saja. Dari jam 9:30 pagi, sampai jam 13:30 kami baru selesai main-main.. Ckckck.. 4 jam, lama juga ternyata. Ndak terasa.. Kamar mandinya bersih (mungkin karena masih baru?) Hihihi...

Kemudian kami beli makanan di food court. Banyak macamnya, mulai dari cemilan sampai paket nasi dan ayam. Harga makanan (menurut saya) standar. Tapi begitu kami beli teh manis botolan, harganya nggetok banget, bisa sampai 2x lipat lebih. Hadeuh!

Vania dan Aira makannya lahap... Mereka berdua makan 2x lipat daripada biasanya. Apa saja dimakan.. Pertama crepes, kemudian siomay, lalu nasi.. Walau sedikit-sedikit tetap saja banyak untuk ukuran mereka. Vania juga walau sudah ngemil ini itu, makan nasi ayamnya habis.. Mantap deh...

Kiri: Oma dan Selvi. Kanan: Oma menyuapi Vania dan Aira selesai mereka mandi.

FYI, Oma ini ndak mau ikut main air. Alasannya menjaga barang-barang, selain itu sedang capek juga . Padahal seperti yang tadi saya tulis, barang bisa masuk locker, dan menjaga barang berharga kecil-kecil lainnya bisa bergantian. Pindah-pindah wahana juga lebih leluasa. Lebih asik lagi jika punya kamera handphone seperti milik adik saya (Mama Papanya Aira). Hampir semua foto di atas diambil dengan kamera handphone adik saya, merk Sony (lupa serinya) yang water resistent.

Saat kami keluar, beberapa petugas waterpark memanggil-manggil kami, menunjukkan foto-foto kami yang diambil oleh petugas waterpark saat bermain ombak di Wave Pool. Oh ternyata ada fotografernya yah.. Bagus juga sih hasilnya.. Jika ingin mencetak, per lembarnya mereka hargai Rp.20.000,- (nggak bisa ditawar, hihihi...). Kami cetak lima lembar. Ohya, saya jadi ingat seharusnya foto-foto itu saya scan ya.. Hehehe..

Foto kanan: kalau mau dikasih tagline enaknya apa ya...? :-D


Semua foto diambil dari sini.

Ada 4 wahana yang tidak kami naiki. Whirl Pool, Boomerang Slide, Racer Slide dan Leisure Pool. Untuk wahana Boomerang Slide yang super tinggi itu, tentu saja saya ndak ada nyali. Kalau Whirl Pool sepertinya kolam paling kecil dibanding yang lainnya, sehingga saya ndak berhasil menemukannya, sudah capek duluan.. Leisure Pool juga sama, ada bar kecil di tengah kolam, tapi kami ndak sempat lagi kesana.

Sedangkan untuk Racer Slide, hmm.. Rubber board khusus yang digunakan untuk meluncur itu, ternyata persediaannya terbatas. Sehingga, jika ingin naik maka harus menunggu di bawah bergantian dengan yang sudah meluncur.

Sayangnyaaa... Ketika saya dan adik-adik saya ngantri, disana sudah banyak orang. Sepertinya satu keluarga atau satu kelompok begitu. Jadi temannya meluncur, teman lainnya sudah menunggu dibawah. Lalu ya gantian aja mereka itu... Teruuus seperti itu. Lah, orang lain kapan dapat kesempatannya mas? mbak? Hehehe.. Buat Water Kingdom mungkin bisa dievaluasi untuk wahana yang ini..

Selain itu, semuanya oke deh! Lifeguard juga banyak tersebar dimana-mana... Ada juga kliniknya untuk keadaan darurat medis.. Insya Allah nyaman dan aman buat pengunjung ya... ^_^

Ada yang mau merencanakan liburan ke Water Kingdom Mekarsari? :-D
Info lengkapnya bisa dilihat disini.

Waterpark mana (yang lokasinya di JaBoDeTaBek), yang jadi rekomendasi sahabat? :-D

33 comments:

  1. wah baru kali ini saya dengar ada tiket potongan yang berlaku sampai 6 bulan, promosi yang sangat menarik.
    Wahana seluncuran buah juga hal yang menarik karena umumnya nggak ada yang dibuat seperti itu. Ini tentu membuat anak-anak semakin menikmati keceriaan water boom nya. Sayangnya wahana ini sangat jauh dari tempat saya pada hal segitu banyak wahana belum tentu sehari bisa dinikmati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Pakies, promosinya top markotop.. Hehe..

      Delete
  2. senangnya vania dan aira maen air seharian.. :)

    di bukik belum ada waterpark, thia
    harus ke luar kota dan itupun gak lengkap, seadanya saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp tmpt bundo LJ bikin mupeng jg, siapa coba yg gak ingin ke Bukik? Hihihi...

      Delete
  3. Play Groupnya Rifa jalan2 akhir tahunnya ke sini nih 5 Juni besok.. tapi Rifa gak ikut, karena hari kerja gak ada yg bisa nemenin jadinya.. gpp deh ya.. he..

    ReplyDelete
  4. Saya ini ... ke Mekarsari aja belum pernah ...
    apalagi ke Water Kindomnya ...

    Dan kalau bicara masalah Water Park ...
    saya itu pingiiiinnn banget leyeh-leyeh di Lazy River ... sambil merem-merem gitu ... keknya enak banget ...

    hahaha

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sampe ketiduran ya gak Om.. Hehehe...

      Delete
  5. wah senangnya yah kumpul keluarga besar..:)
    kak vania pasti senang...
    wah mbak disini mau ke water park butuh waktu 2 jam dulu perjalanan...di water park tanjung pinang atau ke batam..
    kalo dijawa mungkin banyak yah..
    tempatnya masih panas yah mbak...karena belom banyak pohon2an...
    eh tapi nggak juga yah itu kelihatannya juga teduh gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, di Jawa lebih bnyk waterpark ya...
      Wah 2 jam perjalanan jauh jg...
      Iya mak Kinan blm bnyk pohon, tp kmrn cuaca agak berawan jd gak panas bgt sih.. :-)

      Delete
  6. Kalau waterpark Uncle pas kecil itu di kali sebelah Vania, tapi sensasinya sama juga loh dengan waterpark beneran.

    oh ya Eldorado Waterpark di Kota Wisata Legenda Cibubur itu dulu Uncle turut bikin ornamen-ornamennya loh.. Vania udah kesana blum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah, Uncle.. Insya Allah nanti vania ingin main2 kesana :-)

      Delete
  7. uwaaaaaaaaaa seru banget sih mbk,tempatnya seru.kalo lihat ini jadi penge baget renang,dah lama nggak renang nih,curang nih vania g ngajak2 tante zwan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... aaah Miss Hanna pasti sering feildtrip renang sama anak muridnya kan? ;-D

      Delete
  8. aku juga baru sekali main ke waterboom gitu, yang di kotaku, kebetulan punya perusahaan dan orangtuanya temenku ada yang kerja disana, jadinya gratis deh hhohho :P
    emang lantainya yang pas wave pool itu gimana tante ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lantainya nggak kenapa2 Tiara, nggak licin kok, cukup kasar.. cuma kan beda antara lantai dan pasir.. hehehe...

      Delete
  9. Kayanya seru ya....diriku biasa main di depok waterpark bun...murah meriah, lumayan deh hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. depok waterpark yg di sawangan itu bukan mbak?

      Delete
  10. senangnya ya... digorontalo belum ada hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nophi bikin usaha water park pasti laku nih.. hihihi..
      Tapi di Gorontalo pantainya indah2 dan pemandangan alamnya subhanallah.. kayaknya ndak perlu water park ya.. :-D

      Delete
  11. wah kayaknya asik, nih! thx buat infonya. Kapan2 mau ke sana, ah :)

    ReplyDelete
  12. Saya selalu suka foto2 yg ada di setiap postingan mama Vania :)

    ReplyDelete
  13. seru banget ya kalo main di waterpark gitu Mbak,
    Dija mah sama kayak Aira, belom bisa dilepas sendirian. harus dipegangin, eehhehhehee...

    ReplyDelete
  14. Mmhh,,,bahaya gak sh ya,,wahana raft slide nya it?? Jadi ngeri deh,, (╯_╰)(╯_╰)

    ReplyDelete
  15. Waaah, lagi-lagi liburan yang seru!
    Seneeeeng ngeliatin foto dan baca ceritanya...

    ReplyDelete
  16. Lengkap sekali info nya..ada rencana berakhir pekan ke water kingdom,tp sayang nya utk bulan ini sdg tdk ada promosi..-__-"

    ReplyDelete
  17. anda ingin membuat wahan waterboom yang menyenangkan?
    kontraktor Waterboom

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)