Wednesday, May 8, 2013

Baca Tulis dan Bercerita

Posting ini hanyalah catatan pribadi Vania..

Alhamdulillah saat ini, minat baca Vania sudah mulai tumbuh.. Apa saja dia baca. Jika sedang berada di mobil, dan terutama jika macet, Bunda bikin permainan mencari kata. Entah plang nama jalan, merk mobil, nama restoran, apa saja..

Vania mulai bisa membaca dan menulis sendiri sekitar bulan Februari - Maret 2013. Usia Vania saat itu adalah 4 tahun 9 bulan. Walaupun sampai sekarang membaca dan menulisnya belum sempurna benar, tapi Vania masih rajin berlatih.

Vania sedang bercerita ke Aira tentang kupu-kupu.

Vania suka membaca buku cerita yang tipis-tipis itu loh. Biasanya kalau ada momen diskon di toko buku mana saja, Bunda Vania pasti borong.. Hehehe.. 

Membaca itu ternyata butuh energi yang luar biasa ya. Lihat saja ekspresi Vania. Hihihi..

Di awal-awal Vania bisa membaca, biasanya Vania hanya mampu baca 3 sampai 5 lembar buku cerita.. Tapi kemarin, saat Bundanya praktek malam, ketika pulang dikabari Vania sudah selesai membaca satu buku. Wah, senangnya..

Terkadang, Vania juga masih suka malas sekolah... Hadeuh!
Saat "penyakit" malasnya itu datang, memang Bunda ndak paksakan Vania ke sekolah. Tapi Bunda berikan tugas buat Vania di rumah.. Kebetulan tempo hari kami habis jalan-jalan ke Museum Gajah (sekitar akhir Maret lalu). Di rumah Bunda suruh Vania tulis tentang pengalamannya ke sana.. Dan inilah yang Vania ceritakan...

"Bun kemarin aku pergi ke musiyum  sama bundaku. Aku waktu di musiyum aku beli teh manis seger rasanya lo bunda. Bun aku waktu di musiyum aku liyat wayang nya, ada ya serem ada ya cantik lo Aira."

Sebenarnya itu mau tulis surat kepada Aira atau Bunda ya? Hehehe..
Vania masih belum mahir memberi spasi antar satu kata dengan kata lainnya. Dan Vania masih membubuhi "y" dan "w" untuk kata-kata seperti.. musiyum (musium), atau buwat (buat). Bahkan namanya Bunda juga ditulis pakai "y". Tia, menjadi Tiya. Hehehe..

Setelah selesai satu tugas, ia menulis lagi dengan serius.. Setengah penasaran, Bunda biarkan saja.. Ternyata Vania menulis lirik lagu Tanah Airku. Vania memang sedang menghapalkan lagu ini ya, untuk pentas seni April lalu..

Lirik lagu Tanah Airku.

Selain itu Vania juga senang membuat gambar. Biasanya setelah selesai menggambar, Vania menunjukkan gambarnya ke Bunda. Lalu Bunda minta Vania menceritakan tentang gambarnya itu. Gambar di bawah ini dibuat Vania sekitar akhir April kemarin..


Ceritanya... Ada anak lagi main pasir, terus anak itu menangis minta ibunya. Lalu datang juga ibunya, anak itu menjadi senang. ^_^


Sejak sekitar tiga bulan yang lalu, hampir setiap hari Vania selalu menulis surat untuk Bunda.. Singkat-singkat saja sih tulisannya.. Vania tulis di kertas notes, dilipat dan diberikan ke Bunda..

Walau hanya satu dua kalimat.. Seperti "matahari bersinar terang pagi ini" atau.. "oma lagi minum susu"... Tapi Bunda sangat bersyukur kepada Allah atas kemudahan belajar yang Allah berikan untuk Vania.. 

Dulu Vania sempat ikut les baca tulis di sekolah, lalu ia minta berhenti, karena alasan Vania adalah capek belajar terus. Akhirnya ya untuk mengajarkan baca tulis hitung, Bunda menjadikannya seperti permainan saja. Ohya, permainan yang lagi asik kami mainkan akhir-akhir ini adalah tebak kata, atau istilah umumnya hangman. Something like this...

Image

Tapi "orang digantung"  Bunda ganti dengan gambar beruang saja.. Bingung lah ya menjelaskan kenapa ada orang gantung diri.. Vania kan kalau dijelaskan ndak puas dengan satu jawaban.. O_o

Dan akhir-akhir ini pula, Vania juga ikutan ngeblog.. Hehehe..
Yang Vania tulis ya baru sebatas lirik lagu yang Vania suka.. Belum bercerita.. Jadi tulisan Vania, Bunda simpan di draft.. Nanti kalau Vania sudah bisa bercerita dan ketikannya bisa dibaca dengan jelas insya Allah Bunda publish disini.. :-D

Ciyusss..

Masih menghapal letak huruf-hurufnya..

Last but not least.. Tentu saja Bunda ndak akan membandingkan Vania dengan anak lainnya insya Allah... Bagaimanapun dirimu, Nak.. Jika engkau mengalami kemajuan dari keadaan dirimu sebelumnya, itu adalah hal yang sangat Bunda syukuri.. Alhamdulillah.. Hadiah dari Allah.. :-*

Catatan: saat ini Vania kelas TK A, usia 4 tahun 11 bulan..
Hmm.. Vania sudah merencanakan perayaan ultahnya dari sekarang, hehehe..

8 comments:

  1. terharu....
    semangat ya buat vania dan bunda :D

    ReplyDelete
  2. Waaahhh Vania jago bercerita ya.. Hebat!!!

    Vania jangan males2 ya.. Semangat belajarnya, biar tambah pinter..

    *kiss jauh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih tante.. Vania msh suka males... Huhuhuuu..
      Makasih Bunda Dzaky :-)

      Delete
  3. tulisannya sudah bagus dan sudah pandai bercerita tinggal diajkarkan ngeblog ya :)
    Pascal juga suka main hangman ALvin suak ikut2an walaupun kata yang di pilih asal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alvin cepet deh bisanya... Kan kakak Pascal pinter....
      Kakakkk... Vania belum punya sparing partner nih.. Hihihi..

      Delete
  4. wooooowwwww... Vania tulisannya baguuuuuuuuuuuuuussss!!!!!

    kakaknya Dija yang kelas 3 tuh, tulisannya ancur deh Mbak, masih bagusan Vania deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tante Elsa.. Tapi spelling nya vania masih kacau nih tante.. Kudu bnyk belajar lg.. Hehe..

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)