Saturday, April 6, 2013

Wayang Ala Opa

Vania punya kebiasaan sebelum tidur... Yaitu selalu dibacakan cerita... Seringnya sih sama Bunda, tapi kalau Bunda belum pulang ya dibacakan cerita sama Eyang.

Nah, kalau Vania lagi kangen sama Opa, Vania minta diceritain sama Opa. Tapi kalau sama Opa, Vania nggak mau diceritain pakai buku. Maunya pakai boneka, kalau istilahnya Opa sih, main wayang-wayangan. Pakai koleksi boneka Vania yang banyak itu.

Ceritanya macam-macam deh. Kadang percakapan antara si Kelinci dan si Ulat Bulu tentang kenapa kita harus sholat. Kadang si Monyet berantem sama Spongebob karena si Monyet ingin membela kebenaran. Eh, tapi kata Opa nggak boleh mukul teman loh. Yah kalau temannya nakal bilang saja sama Bu Guru.

Note: Vania jadi sering banget laporan sama gurunya, kalau temannya melakukan apa saja yang menurutnya nggak seharusnya begitu. Duuuh, jadi tukang lapor ya?! Salah lagi... *Tepok jidat*

Karena Opa sering main wayang-wayangan sebelum Vania tidur, Vania jadi penasaran.. Seperti apa sih wayang yang benerannya itu? Nah kemarin Vania ikut Bunda ke Jogja. Disana kita bisa beli wayang... Hore! Vania jadi tau deh, ooh seperti ini ya wayang yang beneran itu... :-D

Ternyata masih cakepan bonekanya Vania ya... ^_^


Bunda beli dua wayang ini di tempat souvenir Candi Prambanan, seharga Rp. 25rb. Tadinya yang jual pasang harga Rp. 40rb loh, untuk satu wayang. Ditawar-tawar sama Bunda akhirnya dapat deh Rp.50rb dua. Hehe... Mungkin karena sudah sore juga, jadi mereka menjual dengan lebih murah. :-D

Itu juga udah alhamdulillah loh.. Bunda cari wayang-wayangan ditoko souvenir TMII yang deket rumah, satunya bisa Rp.90rb. Malah ada yang Rp.130rb (padahal kecil). Weewww!

   

Sebenarnya Opa udah berusaha memainkan wayang ini... Tapi ternyata susah mainin wayang di tempat tidur. Kalau mau bagus gerakinnya cuma bisa pegang satu wayang aja. Hihihi..

Ternyata susah loh ya, jadi dalang... Salut deh, buat para dalang... Semoga profesi ini tetap ada ya... Biar Vania kalau besar nanti bisa nonton pertunjukan wayang yang malam-malam itu.. Hehehe..


Dan karena kesulitan mainin wayang-wayangan tadi... Akhirnya Opa balik lagi deh main bonekanya.. Hehehe... Ya udah nggak apa-apa deh... Yang penting Vania seneeeng banget kalau diceritain dongeng sebelum tidur...

Semenjak dari Jogja, tempat ceritanya selalu sama... Desa Klaten... ^_^

Padahal Klaten itu kan nama kota, Vania.. Hihihi.. ^_^

Kalau teman-teman, suka diceritain dongeng apa sebelum tidur..?

15 comments:

  1. dulu waktu Om kecil sukanya di ceritain
    si kancil dan buaya..
    si kancil dan kura2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kancil ini binatang favorit yah Om.. Hheh
      Tapi vania nggak punya boneka kancil.. :-D

      Delete
  2. Opa yang baik hati dan penuh dedikasi. Salut buat Opa yang dah berusaha jadi dalang dengan baik wlau akhirnya wayangnya ganti ama boneka lagi. hehehe..
    Btw.. tante Dhe juga nyebut Klaten sebagai Desa lho! secara Klaten kan Kampung halamannya Ibu Mertua, jadi tiap lebaran pasti nyekar dan main ke Desa Klaten. hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeaaa ternyata... Kirain Opa Vania doang yg nyebut Klaten itu desa... Hihihi...

      Iyaaa... Opa sayang bener ini sm cucu2nya... Makasih tante Dhe :-)

      Delete
  3. uwaaaaa..senengnya vania,pesan edukasinya di awal ya mbk...kl diakhir pasti vania udah tidur hehehe..seneng ya mbk vania,tidurnya pulasss...pasti sampe mimpi2 deh itu hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya tante Hanna... Edukasi di tengah cerita emang salah satu cara yg efektif buat nasihatin anak ya... :-)

      Makasih tante Hanna :-)

      Delete
  4. Saking capeknya gak bisa ngedalang Opa jadi kesirep ya Van hehe

    ReplyDelete
  5. azkiya juga suka dibacain buku sebelum tidur, sukanya strawberryshortcake. wah asyik tuh wayangnya beneran, kepikiran ama wayang yah mbak...hehe...
    vania, serius banget menyimak cerita opa nih..peluuuk

    ReplyDelete
  6. seneng ya jalan-jalan vania hihi...
    aku juga habis ngajak jalan kynan mbak, lumayan ribet, harus gendong mulu hehehe..

    ReplyDelete
  7. kalo baca beginian jadi optimis wayang nggak bakalan dilupakan. anak-anak sekarang lebih kenal kartun jepang soalnya

    ReplyDelete
  8. Mahal juga ya, tapi koq bisa kalo ditawar sampai nyaris separuh harga gitu ya mbak? Benar2 harus pintar nawar juga ya kalo mau beli wayang :)

    ReplyDelete
  9. Opa vania pinter mendongeng ya....:)

    Zidane waktu balita juga suka di dongengin sebelum tidur. Kalo sekarang udah jarang , emaknya capek...hehe

    ReplyDelete
  10. wah asik sekali ya. jadi ingat masa kecil saya nih :)

    ReplyDelete
  11. Dija suka dongeng putri salju!!!
    hihihihihihi

    ReplyDelete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)