Wednesday, April 24, 2013

Belum Juara

Bunda: "Vania... Lebih penting mana, dapat piala atau jadi juara di hati Bunda?"

Vania: "Piala"

O_o

Hahaha... Gubrak! Obrolan di atas terjadi di dalam mobil dalam perjalanan pulang kami dari TangCity Mall ke rumah, hari Sabtu kemarin... ^_^  Saya langsung memberi pengertian ke Vania bahwa kalah itu biasa, setelah mendapat konfirmasi dari teman yang masih berada di lokasi lomba, bahwa kelasnya Vania belum dapat juara baik itu dari lomba menari maupun paduan suara. ^_^

Sabtu pagi kemarin, Vania sempat cemas sampai-sampai ia mengigau dalam tidurnya. Biasanya ia bangun sekitar jam 6, namun karena hari sebelumnya ia diwanti-wanti sama gurunya supaya tidak telat, ia merasa harus bangun lebih pagi. Jam 4 ia terbangun, mengigau, "udah jam berapa ini...?" Lalu ia tidur lagi.. Lucu juga ya, lihat anak kecil was-was masalah jam.. Apa ini salah satu bentuk stress dini ya? Aduh, kasihan..


Kami kumpul di sekolah jam 7:30 pagi itu. Lalu berangkat dengan bis, jam 8 lewat sedikit. Sampai di TangCity Mall sekitar jam 9:30 pagi. Anak-anak langsung persiapan memakai pernak pernik kostum menari. Di atas itu adalah Tim Menari Dindin Badindin, TK A. Teman-teman perempuan Vania lainnya rambutnya disanggul, tapi Vania belum bisa secara rambutnya masih segelintir. Hihihi... Untungnya, Vania cuek.. ^_^

My favorite picture ^_^

Lihatlah foto di atas..! ^_^
Anak-anak ini tau akan ada lomba... Sebuah lomba buat anak-anak 5 tahun, menurut saya sudah merupakan sesuatu yang "besar" bagi mereka, bukan begitu? Bagaimana mereka menghadapinya? Dengan bersenang-senang lah yaaa... ^_^

Saya suka foto di atas... Mungkin kita-kita yang sudah dewasa bisa belajar dari mereka ya.. Supaya mampu menghadapi apa saja dengan santai... Entah UN, entah pernikahan, entah sidang skripsi.. Apa saja.. :-D  Yang penting kita sudah belajar dan berlatih semaksimal mungkin, maka bersenang-senang saja, dan biarkan semua keputusan di tangan Allah... :-D

Vania dan teman-temannya dengan tarian Dindin Badindin, untuk kategori TK. :-D

Tapi ada satu yang membuat saya merasa kasihan. Ya.. Kasihan sama anak-anak ini. Tim menari TK A ini, tampil sekitar jam 12 siang.. Duh duuuh... Mereka sudah siap dari jam 10 pagi, antrian kenapa bisa sampai 2 jam lebih, ya? Jujur saja, memang hal ini mungkin bisa melatih "kesabaran" anak-anak ini. Saya ndak tau ya, apakah mungkin ke depannya, event-event semacam ini bisa lebih terorganisir? Maksudnya, jadwal tampilnya begitu..? Saya kasihan melihat anak-anak ini...

Walaupun sebagian masih tetap bersemangat, tapiii... Ada juga yang ngambek minta pulang. Ada yang nangis entah karena apa. Ada yang bosan dan yang tadinya sudah bersemangat (seperti foto saya di atas) lalu jadi lemah letih lesu karena lama menunggu. Vania juga sempat nangis, minta pulang karena ngantuk... Ndak mau lagi menari..

Akhirnya selama menunggu antrian di belakang panggung, saya gendong saja Vania... Mungkin ada sekitar setengah jam lebih.. Menggendong Vania berbobot 18 kg, lumayan juga loh.. Otot lengan saya sampai sakit selama 2  hari gara-gara itu.. Hihihi... Tapi Bunda senang, Nak! Bunda bahagia... Karena, walaupun bete dan ngantuk, setelah saya beri pengertian dan semangat yang tiada henti, Vania akhirnya mau juga tampil... Fuih! *lap keringet*

Tim Paduan Suara TK A dari Komimo Cilangkap. ^_^

Foto di atas adalah Tim Paduan Suara TK A. Lagu pertama adalah lagu Tanah Airku, lagu kedua adalah Cublak Cublak Suweng. Yang saya tau, lagu Tanah Airku itu dinyanyikan dengan suara mendayu-dayu yang mengharukan, sedangkan lagu Cublak Cublak Suweng dinyanyikan dengan suara riang gembira... Tapiii... Anak-anak TK A ini menyanyikan kedua lagu tersebut dengan semangat 45!!! Hahaha... Luar biasa semangatnya! Sayang saya belum bisa upload video kesini.. Kalau bisa kelihatan deh.. Ada yang sampai monyong-monyong, ada yang bahunya naik-naik, saking semangatnya... Vania sendiri, kalau ada nada tinggi dia mulutnya sampai ke atas gitu... Duh menjiwai sekali... Hihihi...

Anak-anak ini lucu sekali... Lucuuuuu... Dalam defisini saya, adalah menggemaskan dan mengharukan... Hebat deh semua...!! ^_^

Ohya, kebetulan ya.. Saya dan beberapa emak lainnya bisa merekam aksi anak-anak ini dari depan panggung persis... :-D

Beberapa meter dari panggung (di depan, kanan dan kiri panggung), sudah berjajar kursi-kursi yang disediakan untuk orangtua yang menonton. Ada space lantai yang cukup lebar antara panggung dan kursi tentunya.. Dan di situlah saya dan para emak berseragam kaos merah abu-abu itu duduk ndeprok di lantai.. Hehehe.. Tidak boleh ada penonton yang berdiri, karena pastinya akan menganggu penonton lainnya... :-D

Tips merekam aksi anak-anak di panggung:
Duduk saja ndeprok di lantai. Cuek saja, ndak usah mikir kotor.. Para orangtua yang anaknya sedang tampil pasti akan merubung sekitar panggung. Lalu saat giliran anak kita tiba dan sekitar panggung sudah clear, saya dan para emak tinggal ngesot saja ke depan panggung. Saya merekam sambil duduk. Beberapa emak dan babe lainnya bisa juga merekam di belakang saya dengan posisi berdiri di lutut. Sedangkan para penonton di belakang yang duduk di kursi, semua masih bisa melihat acara tanpa terhalang kami yang sedang merekam. Dan semua pun senang. Hehehe..

Ohya, ada satu yang ndak enak loh... Selama saya mengantri di belakang panggung, kan Oma Opa (juga Eyang) Vania duduk di kursi-kursi penonton itu... Ada anak-anak Kelompok Bermain dari sekolah cabang yang mana saya ndak tau... Yah, sebagian besar dari mereka nangis... Oma Vania cerita, sang MC malah bilang, "Ini mau nari apa mau nangis ya?"

Ouch...

Jujur saja semua ini adalah pengalaman pertama yang luar biasa bagi saya dan Vania..Saya jadi lebih paham tentang ini dan itu.. Mudah-mudahan ke depan pengalaman ini menjadi pelajaran berharga untuk saya pribadi, dan untuk sekolah Vania juga tentunya, supaya jadi lebih baik lagi.. :-)

Untuk Vania dan teman-teman... Walaupun belum dapat piala... Kalian tetap juara di hati Mama... Kiss kiss.. :-*

46 comments:

  1. Cerianya Vania, tampil maksimal dan bersukacita, dan Vania selalu juara di hati bunda. Aura bahagia Vania di foto menceriakan pemirsa Jeng Tia. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Bu Prih... Vania dan teman2 senang... Dan itu adalah yg terpenting... :-)

      Delete
  2. MC nya perlu belajar psikologi anak tuh Mbak, biar tahu gimana menyenangkan dan memberi semangat pada orang lain khususnya pada anak-anak.
    Sepakat, terpenting adalah juara dalam hati karena itu menjadi cacatan indah sepanjang hayat kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Pak Ies... Disayangkan memang ucapan yg tdk enak itu..
      Tapi diabaikan sajalah, yg penting orangtuanya bisa membangkitkan semangat anak :-)

      Dan ya, kenangan itu akan selalu ada disana.. Sedih senang... :-)

      Delete
  3. uwaaaaaaaaaaaaaaa..vania ini lucu bangettt,tomboiy abisss kayak saya waktu kecil *upsss hihihihi

    Bagi anak2 seusia vanis,lomba sekecil apapun bagi mereka itu sudah "uwahhh" bangetttt, setidaknya kita bisa mengajarkan mereka tentang kesungguhan dalam melakukan sesuatu ya mbk hehehe...

    untuk panitia penyelenggara,duh...ternyata g di disini aja ya yang bener2 amburadul,g dipikir matang2 segala hal...pdhl ini acara anak2 loh, ***panasssss,esmosiii..soalnya pernah juga kayak gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah nah... Klo bu guru udah bilang begini, saya cuma bisa manggut2...
      Mudah2an yg dari yayasan membaca komentar Miss Hanna.. :-)

      Miss Hanna jg bu guru, sangat paham dunia pendidikan anak loh :-)

      Delete
  4. Wuihh.. pake baju Aceh Vaniaanyaa.. Tante DHe suka liat Vania^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju Aceh itu keren tante Dhe... Tapi tariannya Padang yak.. Hihihi...

      Delete
  5. wah asik sekali yah, vania cantik pakai baju adat :)
    aku jadi belajar banyak ttg parenting nih dari post ini, lumayan buat bekal nanti klo udah punya anak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..
      Alhamdulillah klo tulisan ini bermanfaat, Enny :-)

      Delete
  6. belum liat videonya tapi udah kebayang lucunya.... hihihi... aku selalu sukaaa lihat anak2 tampil di panggung, enggak ada jaim, semua tampil natural.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 itu hiburan yah mbak...
      Ndak celotehnya, ndak kelakuannya... Semuaaa lucuuu... Hahaha...

      Tp klo udah ngambek atau rebutan mainan.. Hadeeuuuh...

      Delete
  7. Wah, seru banget acara menari dan paduan suara yang diikuti Vania ya, Thia. Walau diwarnai acara ngambek pengen pulang, karena bosan dan suntuk, syukur deh akhirnya Vania berhasil dibujuk untuk ikutan kembali yaaa. Hihi, lucu membayangkan bagaimana aksi dan ekspressi mereka deh.

    Trims untuk berbagi postingan ini, Thia, jadi ingat masa2 Intan TKA dulu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru memang mbak Al.. Apalagi ini pengalaman pertama buat aku :-)
      Ehm.. Foto2 Intan TK dlu masih ada, mbak?. Hehehe...

      Delete
  8. baju adatnya kok bagus banget, seruu nari rame2 jadi kangen nari lagi :D

    kok kometnnya mc malah sini yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menari daerah itu keren, yah Niar :-)

      Aku aja pengen cuma ndak bisa... Hehehe

      Delete
  9. Lucu sekali, aduuuh kapan tuh ya di Tangcity? aku kok ndak tahu *rumahku deket ma TangCit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mosok mbak? hihi.. itu tanggal 20 April kemarin, mbak..
      jauh juga ya rumahnya mbak Tanti :-D

      Delete
  10. Mungkin hal tersebut merupakan kemenangan yang tertunda
    tetap semangat

    ReplyDelete
  11. hahaha vania jujur banget tuh
    jangan jangan lairnya dari piala, bu
    hehe piss

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak mah polos yah Pak..
      emang bener die mentingin piala.. hehehe..

      Delete
  12. waaahhh,,, vania cantik deh :)

    kasih mbak thia, kalah daripada piala :P hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak emang nih Niee.. hehe..

      Vania: makasih tante Irni :-D

      Delete
  13. TangCity di tangerang kan?
    perasaan jauh banget yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi ternyata jalanan lancar sih mak Hilsya.
      jd ndak lama2 bgt juga perjalanan dengan bis nya.. :-D

      Delete
  14. hihihi kl buat org tua apapun hasilnya tetep juara, tp buat anak2 selama ada piala ditangan mereka bakal seneng. Lucu bgt anak2 ya, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. iyah..
      yg penting "keliatan" apresiasinya.. :-P

      Delete
  15. pa kbr mbak lily?
    blognya baru juga yah mbak?
    saya juga baru mulai lagi nih.

    Jadi ingat sama si sulung saat pentas perpisahan dulu, kasihan sekali sama dia dan teman2nya yang udah cantik, siap2 dari pagi jam 8an buat nari tapi malah giliran tampilnya hampir masuk waktu dzuhur menjelang acara bubar, errrrrrr

    suka sekali dengan kata2 mbak di atas :
    "Mungkin kita-kita yang sudah dewasa bisa belajar dari mereka ya.. Supaya mampu menghadapi apa saja dengan santai... Entah UN, entah pernikahan, entah sidang skripsi.. Apa saja.. :-D Yang penting kita sudah belajar dan berlatih semaksimal mungkin, maka bersenang-senang saja, dan biarkan semua keputusan di tangan Allah"

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah baik, mbak Ridha...
      waaah itu malah lebih parah yah mbak.. dari jam 8.. ckckck..
      mbok ya panitia acara2 anak ini lebih terkonsep kasihan mereka ya,,,

      Delete
  16. Vania cantik deh dengan baju itu....
    Tapi memang sih anak skrg kayak sdh gampang stress juga, sampai terbawa mimpi gitu. Vay jg gitu.... mimpi jd marah2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama yah Vay.. anak2 5 tahun bisa stress juga.. hihihi..

      Delete
  17. semoga tetap semangat mengejar prestasi :D

    ReplyDelete
  18. Kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

    ReplyDelete
  19. Vania dan teman2nya ceria sekali meski akan tampil utk lomba... seneng banget liat foto di atas.
    Emang kita seringkali harus belajar banyak dari anak2 ya mbak... biar bisa menjalani hidup dg senyum dan keceriaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerianya anak2 ndak ada habisnya yah mbak..
      abis nangis meraung2 tiba2 saja bisa ketawa ketiwi,, ckckck..

      Delete
  20. Pengalamanku dulu waktu Shasa masih TK sih... saat anak2 mau dan sedang tampil, yang sangat heboh justru para emak2nya... hehehe.
    Anak2nya malah cuek aja tuh... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. para emak emang heboh mengabadikan momen mbak..
      ndak ada deh yg ngalahin hebohnya emak2.. hihihi...

      Delete
  21. Santai saja Vania. Om ampe berjanggut aja belum pernah dapat piala lomba KDI loh hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa..!! Ini komen terlucu yg kubaca.. wkwkwk.. =))

      Delete
  22. Kebayang banget deh tuh gimana seru dan ramenya.. Namanya juga anak2 ya pasti heboh banget deh.. hihihi

    Buat Vania tetep semangat ya.. besok besok pasti bawa piala ke rumah... hehehe

    ReplyDelete
  23. aaahhh...penasaran liat mereka nyanyi dg semangat 45 itu mba hihihi.
    tapi jadi inget waktu acara KEB kmrn, ada fashion show anak2 jg, dan ada yg nangis jg hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah seru yah acara KEB kmrn.. sayang akunya jg acara di tmpt lain, padahal pengen jg ikutan.. hehe.

      ditunggu ceritanya yah Rin ;-)

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)