Thursday, March 14, 2013

Ultah Paman di Godongijo Nursery

Susah ya menjelaskan ke anak2 kenapa seseorang bagi orang yang lain tidak sama dengan seseorang itu kepada orang lainnya. Ngerti nggak ya, maksud saya? ^_^ Vania sampai sekarang masih belum paham benar sepertinya, kenapa adik saya itu adalah paman bagi dia. Pertanyaannya yang susah dijawab.

Bunda: "iya, adiknya Bunda kan Om Ucup dan Om Iam.. Om Ucup dan Om Iam itu ya pamannya Vania.."

Vania: "kenapaaa?"

Bunda: (-___-)"

Baiklah bukan hal itu yang mau saya pusingin.. ^_^

Awal Januari lalu memang hari lahir adik saya. Kami yang alhamdulillah ada waktu berkumpul bersama langsung menjadwalkan jalan2. Karena acaranya ulang tahun, tentu saja agendanya makan2.. ^_^ Si Opa ingin ke daerah yang "hijau2" seperti sawah atau perkebunan. Setelah browsing2 akhirnya saya mengusulkan Godongijo Nursery yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami.

Gambar dari website Godongijo Nursery



Godongijo Nursery adalah tempat pembibitan tanaman hias, dan juga tanaman buah2an. Cocok juga untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga, karena dilengkapi cafe dan tempat pemancingan. Mereka juga memiliki sejumlah hewan langka.


Sebagian koleksi tanaman hias.

Tanaman ini harganya mahal sekali! 1,8 jt! Hoooo :O  ...  Saya coba googling "schwenfurtii" dan apakah benar tanaman ini sejenis sanseviera? Cek disini.

Di belakang foto Vania dan Opa adalah tempat pemancingan. Walaupun sepi, tapi pemancingan tetap ramai. Terdapat juga bibit pohon jeruk (kanan bawah).

Ada kura-kura raksasa! Wow! Vania dan Aira bisa naik ke punggungnya ya.. ^_^ Kura-kura ini dikurung di kandang dan di pintu kandangnya tertulis "Dilarang Masuk". Saya berfikir kenapa di penjelasan tentang Si Bagong (foto kiri) ada foto seorang anak kecil memegang kura-kura raksasa itu. Apakah berbahaya?

Ini dia si Bagong. Menurut penjelasan ternyata Si Bagong ini berasal dari Afrika. Merupakan kura-kura terbesar kedua di dunia. Dan usianya 19 tahun. ^_^ Mengingat papan penjelasan yang sudah lapuk terlihat lama tak diganti, saya rasa si Bagong ini usianya jauh lebih tua dari itu.. :-D

Ini adalah ular Sanca. Karena dia ada di dalam kandang kaca, susah ya ambil gambar yang bagus? Apa saya aja yang nggak tau caranya ya? Hehehe... :-P

Tak jauh dari kandang Sanca, terdapat kolam ikan. Penjelasannya ikan ini adalah Arapaima Gigas, ikan air tawar terbesar di dunia dan berasal dari pedalaman Amazon. Di foto bawah saya coba mengambil gambar ikannya, namun karena ikannya hitam dan kolamnya juga hitam, saya nggak bisa dapat gambar apa2. Saya heran, kalau ikan ini karnivora, kenapa ikan kecil sejenis lele itu nggak dimakan ya? Hmm.. Keliatan nggak lelenya?

Ini gambar ikan Arapaima Gigas yang kupinjam dari National Geographic. Mirip ikan arwana ya? Tapi, wow besar sekali!

Sekitar cafe... Ada kolam ikan lain, berisi ikan koi, dan ikan mas.. Kursi dan meja di cafe ini juga ada yang unik, yang terbuat dari kayu berbentuk tak beraturan. Hanya saja keluarga saya nggak ada yang mau duduk disana, padahal saya ingin... ^_^

Nah, kalau ini namanya hewan apa ya? Sejenis aquarium ini berada di salah satu dinding cafe. Unik. Saya nggak ingat ada papan penjelasan apapun di sekitar aquarium.

Suasana di Godongijo Nursery. Teduuuuh.... ^_^

Ini yang langka! Keluarga lengkap! ^_^

Saatnya makan... Maaf, kalau udah ada makanan di meja pasti berantakan deh..

Menu disana lumayan enak..  Ikan dan ayam bakar, aneka sayuran tumis seperti kangkung, gado2, gorengan tahu dan tempe, dll.. Ada menu anak2 juga, Vania pesan chicken katsu dan sayur sup. Tempe mendoan itu pesanan saya, cukup enak, tapi sambalnya kurang banyak.. Hihihi... :-D .. Harga makanan cukup terjangkau. Seingat saya, harga makanan dan minuman saat itu, berkisar antara 10rb-60rb..

Vania dan Aira, kalau tak dijanjikan es krim, pasti susah makannya..

Saatnya pulaaang... Untunglah.. Lahan parkirnya cukup luas...

Mungkin kapan2 bisa ke tempat sejuk di daerah Sawangan Depok ini lagi... Sekedar mencari udara segar dan suasana makan yang dekat dengan alam... ^_^


Untuk yang ingin info lebih lanjut, bisa kesini. :-)

56 comments:

  1. Saya catat alamatnya Ya Bunda Vania ...
    Tempat ini sepertinya asik nih ...

    Terima kasih infonya

    salam saya Thia

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Om... hehehe...

      maaf Om alamatnya saya ganti link saja... untuk menghindari salah persepsi... hehehe... :-P

      Delete
  2. Wuoooowww.. Vania udah gede, ya? :D
    Kalo Nadya kok nggak sampe segitunya ya kalo nanya-nanya, padahal kan seumuran ya?
    Iya bahaya kura-kura segede itu, Thya. Bisa putus tangan kalau digigit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betulll Del... jgn2 dlu pernah ada yg digigit ya O_o

      Delete
  3. Thia : "nah Vania, yang ini temen bloggernya mama.. namanya Bundo."

    Vania : "kenapaaaaaaaa?"

    wkwkkk...

    #colek es krimnya vania :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaaa....

      ditanya "kenapaaa" itu kadang yg bikin aku gak tahan maaaak.... ahahaa...

      Delete
  4. Wah di Sawangan Depok tho lokasinya, jadi pengen ke sana.
    Postingannya lengkap, jadi serasa ikut ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Indah rumahnya dekat Depok kah?

      makasih mbak Indah :-)

      Delete
  5. Konsep rumah makan yang berbaur dengan alam sepertinya sudah merambah ke daerah-daerah termasuk tempat tinggal saya walaupun tidak sekomplit di godong ijo. Sarana yang tepat ungumpul dengan keluarga

    reportase yang komplit, itung-itung menebar kebaikan dan beramal mempromosikan usaha orang lain hhh tul kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaaa... Ah, Pak Ies... ini kan sy sekedar cerita... bukan mo promosi kok.. ahahaa...

      nah, Om Trainer... ini yg saya maksud takut salah persepsi... etapi gapapa kok Pak Ies.. ahahaa.a...

      Delete
  6. seneng ya bisa lihat kura-kura kakak vania..

    ReplyDelete
  7. tempat yang ijo ijo kayak gini emang langka banget ya Mbak...
    pingin deh punya usaha kayak gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy dukung mbak Elsa... hehe... apalagi mbak Elsa kan kreatif banget orangnya... Bisa jadi objek wisata di Jombang nanti ^_^

      Delete
  8. tempatnya teduh dan sejuk ya mbak, sesuai dengan namanya "godongijo". memang banyak ijo2 disana ya...pasti bikin betah setiap pengunjung ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betah Mi... yg mancing jg betah disana.. :-D

      Delete
  9. mihihihi...ngebayangin ekspresinya Vania pas nanya 'kenapa' itu mba hohohoho

    ReplyDelete
  10. tempatnya menyenangkan ya mbak ...

    ReplyDelete
  11. aduh ga boleh kesana..
    tar bawaannya belanja taneman.. wong kalo ke pameran bawaannya pengen borong
    trus mo ditanem dimana? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mak, gmn klo borong tanaman yg harganya 1,8jt ituh? hohoho... :O

      Delete
  12. Tempatnya asyiik. Terima kasih Jeng Tia tlah berbagi info. Hi Vania, seneng ya jalan2 bonus es krim. Salam

    ReplyDelete
  13. vaniaaaa...udah gede deh tambah cantik dan pinter.
    umar pernah ke godongijo dari sekolah mbak...takjub dengan ikan yang gedeee banget tadi...subhanalloh...

    kumpul keluarga yang indah, selalu menyenangkan ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yaa... bisa jg jd kunjungan sekolahan kesini...
      kumpul keluarga emang momen yg nggak tergantikan ya, Pu... ^_^

      Delete
  14. wah ikannya gede amat. emm..es krimnya bagi dong, Vania

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ikannya gede... enak kali ya kalo dibakar..? ahahaha...

      Delete
  15. Whoaaa..
    lama gak mampir, Vania udah gede ajaaaa...

    sepertinya terakhir mampir dulu Vania baru masuk sekolah gitu yah?
    etapi ini alamat blog nya ganti yah mba?

    Kalo gak salah dulu kan pensieve nya dumbledore gitu yah..hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Erry..vania skrg udah TK A...

      dulu iya the green pensieve.. tp krn alasan pribadi blog itu harus sy tutup, mbak...

      mau mulai baru lagi disini... ^_^

      Delete
  16. wah ikan rama aipama-nya kelihatan jelas, nggak kaya di Ragunan yang airnya keruh jadi sulit untuk melihatnya. kapan-kapan ke sana ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, di Ragunan ada yah Fip? baru tau sy... hihihi...

      Delete
  17. Jadi pengen ke sana lagi.... dulu ke sana waktu Vay dan sekolahnya field trip. Memang Godongijo itu menarik sekali untuk dikunjungi terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Zi... tempatnya teduh yah mbak... :-D

      Delete
  18. Om Iam itu om Ilham ya Van..

    Kalau Uncle Lozz apanya Vania hayooo.. adiknya kali ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. uncle Lozz... adiknya vania ya?

      kenapaaaaa?

      wkwkwk ;-)

      Delete
  19. udah lama ga mampir....kangen liatin Vania, pa kbar bundaaaaaaaaa ????

    vania dah bisa apa aja nih ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah sehat, Mi..

      Vania dah bisa curang main kartu remi, Mi... wkwkwk.. :-P

      Delete
  20. Eaa, Vania bertanya hal gampang tapi sulit untuk dijelaskan hehehe..

    Eh foto Vania pas bareng saat mau makan itu cantik banget, sambil menopang dagu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pertanyaan iseng dan nyusahin orangtua... wkwkwkw... ;-)

      Delete
  21. Kelihatannya asyik juga ya tempatnya....

    ReplyDelete
  22. klo ga salah pernah ada liputannya di trans tv ttg tempat ini mbak.... bagus ya tempatnya, jadi menambah selera makan, dan yg penting ada musholanya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. musholanya naik tangga cukup tinggi... anak2 kalo naik susah mbak.. kita aja cari masjid di luar...

      tapi iya sih buat makan2 enak jg disini.. :-)

      Delete
  23. Menghadapi masa2 'ingin tahu' anak yang sedang sangat tinggi emang terkadang merepotkan jika kita tidak siap dengan jawaban yang bisa dimengerti dan dipahami anak ya, mbak?
    Eh... Vania sudah gedhe sekarang... makin cantik aja :)
    Apa kabar mbak...? Seneng bisa mampir disini lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kami sehat, mbak Reni..

      iyaa.. harus sabar ya njelasin yg aneh2.. hihihi... ;-D

      Delete
  24. Family gathering selalu menyenangkan.... momen berkumpul bersama keluarga besar rasanya tak akan tergantikan oleh momen2 lainnya.

    Godong Ijo memang sepertinya sangat menarik utk dikunjungi mbak... Sayang jauh bener dari tempatku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ditempat mbak Reni lebih banyak lagi deh tempat yg asik2... iya kaaan? ;-D

      di Jakarta mah jarang kayak beginian mbak... sy dah gerah sm mall... :-D

      Delete
  25. kurakura kan umurnya 100an ya mbak, berarti masih muda tuh kura-kuranya, bisa bertambah besar lagi gak yak? Hmm..

    kalau aku gak terlalu suka dengan tempat makan yang banyak binatangnya, rada mual gitu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... mosok Niee..?

      iya siiih, kalo makan deket2 binatang jg aku yg gmanaaa gtu... hihihi...

      tapi suka sama pohon2 dan tamannya, niee.. ;-D

      Delete
  26. Tempatnya nyaman sekali ya, Mbak. Bisa jadi sarana menambah pengetahuan juga :)

    ReplyDelete
  27. Mau dong diajak nyari udara segar ke sini...

    ReplyDelete
  28. Tia, selamat ulang tahun buat yang berulang tahun ya!
    Smoga selalu sehat, sukses dan bahagia.
    Amiiin.

    Oya, sayang belum pernah kesini, Tia...makasih informasinya. Tempat-tempat adem gini juga jadi kesukaan saya lo...
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat2 hijau begini memang menyejukkan dan bisa mengurangi stress, yah nggak mbak? :-D

      Delete

Salam, terima kasih sudah mampir di blog saya :-)